Sidang Lanjutan Musyawarah Sengketa, Tim Fakhrizal-Genius Hadirkan 10 Saksi

Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan
Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar kembali melanjutkan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan dengan pemohon Tim Fakhrizal-Genius Umar dan termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar.

Sidang digelar di Kantor Bawaslu Sumbar, Jalan Pramuka, Kota Padang, Selasa (11/8/2020). Sidang mengagendakan pembuktian dan menghadirkan saksi-saksi.

baca juga: Dapat Nomor Urut 3, Desra : Kami Maju Untuk Menang

Kuasa Hukum Tim Fakhrizal-Genius Umar, Virza Benzani mengatakan, dari keterangan saksi yang diberikan di persidangan, sudah sesuai dengan dalil-dalil atau alasan hukum yang kita ajukan dalam permohonan.

"Sehingga kita membuktikan bahwa apa yang kita katakan dalam dalil sesuai dengan alat bukti. Alat bukti salah satunya adalah keterangan saksi dalam Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan," katanya.

baca juga: Mengaku Selalu Nonton, Ini Kata Mahfud MD Soal Film G30S PKI

Ia menambahkan, pihaknya menghadirkan saksi-saksi sebanyak 10 orang dari yang seharusnya 15 orang. "Semestinya 15 saksi, namun tidak datang karena berhalangan," ujarnya.

Dari keterangan saksi, bahwa memang pelaksanaan verifikasi faktual yang dilakukan oleh PPS banyak tidak sesuai dengan aturan. "Contohnya PPS itu hanya melakukan 2 hari verifikasi, dari yang seharusnya 14 hari," ujarnya lagi.

baca juga: Sama-Sama Cabut Nomor 1, Nofi - Yulfadri Yakin Menang di Pilkada Solok

Sementara itu, Komisioner Divisi Hukum KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani mengatakan, jadwal sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan kali ini dengan agenda pembuktian dan pemeriksaan saksi-saksi. Sebelumnya, pagi kita juga memperbaiki jawaban atas perbaikan penyampaian permohonan oleh pemohon. Yanuk menambahkan, sidang sering di skor karena memasuki waktu ibadah dan juga waktu makan.

"Kita menghadirkan saksi 4 orang dari Padang Pariaman dan Kota Padang. Persoalan dari pemohon dari kesaksian sejauh ini, keterangan yang mereka berikan sesuai dengan apa yang mereka sampaikan, ini yang juga jadi kesimpulan kita nanti," katanya.

baca juga: Ini Makna Nomor Urut Bagi Paslon Pilgub Sumbar 2020

"Namun dari keterangan dalam kesaksian tidak ada yang menjadi catatan, yang memberi catatan itu biar majelis saja," sambungnya.

Yanuk menyebutkan, sidang dilanjutkan kembali dengan pukul 19.30 WIB, karena baru 6 saksi yang diperiksa dari pemohon. Sementara saksi dari KPU memberi keterangan setelah selesai saksi dari pemohon.

"Kita tidak tau apa akan diselesaikan hari ini atau tidak, itu terserah majelis," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal