Kurir Sabu Asal Aceh Dibekuk Polda Sumbar di Sijunjung

Tersangka YS (baju orange) di Mapolda Sumbar
Tersangka YS (baju orange) di Mapolda Sumbar (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menangkap seorang pria berinisial YS yang diduga sebagai pengedar narkoba dengan barang bukti sabu seberat hampir 1 kilogram.

YS ditangkap di SPBU Jorong Parit Rantang, Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung pada Jumat (24/7/2020) sekira pukul 16.50 WIB.

baca juga: Enam Pelaku Pengedar Jaringan Narkotika Internasional Dibekuk Polda Sumbar

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, dari tangan pelaku petugas mengamankan sabu-sabu dengan berat bersih 998,69 gram. Barang haram tersebut akan dibawa dari Provinsi Aceh menuju Jambi melalui Kota Pekanbaru menggunakan mobil travel. Sementara itu, YS merupakan warga Desa Manasah Timur, Kecamatan Pesangan, Kabupaten Bieruen,Provinsi Aceh.

Menurut dia penangkapan dilakukan setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat terkait pengiriman sabu-sabu dari Aceh.

baca juga: Polda Sumbar Ringkus Kurir Ganja Lintas Provinsi, 110 Kilogram BB Disita

Petugas melakukan patroli ke arah Teluk Kuantan yang merupakan daerah perbatasan Sumbar dengan Riau untuk melacak keberadaan pelaku.

"Saat tim patroli ke arah Teluk Kuantan yang merupakan perbatasan Sumbar - Riau, termonitor bahwa YS menumpang travel Rimbo Bujang Jaya merek Toyota Innova bernomor polisi BA 1981 VZ," katanya di Mapolda Sumbar, Selasa (11/8/2020).

baca juga: Polda Sumbar Terbitkan SP3 Kasus Pemalsuan Sumber Air Minum Merek SMS

Mengetahui hal tersebut, dilakukanlah penggeledahan dan penangkapan. "Kami menemukan sebuah paket besar sabu yang dikemas dengan plastik teh berwarna kuning merek Guanyiwang dan dibungkus lagi plastik kresek warna hitam," ujarnya.

Satake melanjutkan, barang bukti tersebut berada dibawah tempat duduknya di bagian tengah. Selanjutnya barang bukti dan tersangka dibawa ke Polda untuk dilakukan pengembangan kasus.

baca juga: Cegah COVID-19 yang Semakin Masif, Polda Sumbar Gelar Operasi Yustisi

"Pelaku ini disangkakan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 UU 35 2009 tentang narkotika," tuturnya.

Editor: Muhammad Haikal