Kunjungi Daerah Terisolir di Kabupaten Solok, Nasrul Abit Janji Sejahtera Warga Garabak Data

Wagub Sumbar Nasrul Abit bersama masyarakat Garabak Data
Wagub Sumbar Nasrul Abit bersama masyarakat Garabak Data (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit makin bersemangat mengunjungi daerah terisolir. Setelah sebelumnya Kenagarian Langgai, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, kemarin (12/8) giliran Garabak Data, Kabupaten Solok .

Bersama rombongan provinsi Nasrul Abit menembus medan yang cukup sulit untuk sampai di nagari yang pernah dijanjikan pembangunan jalanya oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno itu pada 2015 lalu.

baca juga: Pasangan Iriadi - Agus Syahdeman Ajukan Gugatan ke Bawaslu Kabupaten Solok

Tak jauh berbeda dengan Irwan Prayitno, pada kunjungan menjelang pemilihan kepala daerah ini Nasrul Abit juga berjanji akan mensejahterakan masyarakat dan melanjutkan pembangunan di Garabak Data.

"Ini jangan dilihat kesulitan jalannya, tapi bagaimana kita harus pikirkan mewujudkan masyarakat dengan menjadikan masyarakat sejahtera. Kami berkunjung ke Garabak Data untuk mendorong percepatan pembangunan di sana," kata Nasrul Abit .

baca juga: Minus Iriadi - Agus, KPU Tetapkan Tiga Paslon di Pilkada Solok 2020

Nasrul Abit tidak hanya terfokus bagaimana menata pembangunan di daerah - daerah terpencil, tetapi senantiasa memikirkan kondisi daerah terpencil dalam mengatasi kesehatan masyarakat dan Insfrastruktur jalan .

Sebelum menuju Garabak Data, Nasrul Abit sengaja mampir di Puskesmas Kecamatan Hiliran Gumanti. Disana, dia tidak hanya sekadar berdialog dengan warga melainkan juga memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) berupa, 10 pasang sepatu boot, 40 pakaian azmat, 13 kotak sarung tangan latex, 10 pcs masker N95, 15 kotak masker bedah (isi 50 pcs),15 buah google mask, 5 buah face shield, 40 botol handsanitizer, 7 buah thermogun dan 20 karung beras 5 kg.

baca juga: Jadi Cagub Pertama Asal Pessel, Rang Pasisia Diimbau Menangkan NA-IC di TPS

"Pemberian bantuan ini adalah bagian dari kepedulian untuk masyarakat. Saya harap bantuan, bisa meringankan kebutuhan Puskesmas, terkait adanya wabah virus Corona (COVID-19)," ucapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk turut berperan aktif mengikuti seruan Pemerintah dalam memitigasi penyebaran COVID-19, baik melalui social/physical distancing.

baca juga: Audy Joinaldy Silaturahmi Dengan Bupati Solok

Selama perjalanan, Nasrul Abit dan rombongan disambut jalan berubang, bergelombang serta tanjakan panjang dan penurunan curam harus ditempuh oleh rombongan tersebut dengan menempuh perjalanan lebih kurang tiga jam. Medan sulit ditempuh, bahkan kendaraan rombongan sering kandas dikubangan lumpur.

Sementara itu, Camat Hiliran Gumanti, Romi Hendrawan mengungkapkan, perbaikan jalan di Garabak Data sangat dinantikan masyarakat setempat.

"Banyak keluarga kami terjebak disana. Jalan tersebut sangat strategis dilalui masyarakat antar kecamatan untuk mengangkut hasil tani," jelasnya.

Romi Hendrawan berharap kunjungan Pemprov Sumbar bisa memberikan solusi terhadap pembangunan infrastuktur jalan menuju daerah Garabak Data. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir