Pasien Positif Corona Bertambah Dua Kasus di Pasaman Barat

Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Edi Busti saat jumpa pers dengan sejumlah awak media di Kantor Bupati setempat
Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Edi Busti saat jumpa pers dengan sejumlah awak media di Kantor Bupati setempat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat merilis ada penambahan sebanyak dua kasus pasien positif corona di daerah itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulanngan Bencana Daerah Pasaman Barat , Edi Busti mengatakan, dengan penambahan tersebut maka jumlah pasien positif corona di Pasaman Barat menjadi sebanyak 4 orang.

baca juga: KPU: Lima Paslon Kepala Daerah Pasbar Telah Menyerahkan LADK

"Sebanyak dua orang warga kita berinisial AR (63) dan AM (23) terkonfirmasi positif corona," sebut Edi Busti, Rabu (12/8/2020) di Simpang Empat.

Ia mengatakan hasil tersebut berdasarkan informasi dari Laboratorium Rumah Sakit Unand Padang terhadap hasil 160 sampel swab lanjutan yang dilaksanakan di dua tempat pada Senin (10/8).

baca juga: Kantongi Nomor Urut 3, Erick Hariyona - Syawal Siap Jadi Energi Baru Pasaman Barat

"Dua pasien yang terkonfirmasi positif ini, sebelumnya kita lakukan pengambilan sampel di Puskesmas Sungai Aur pada Senin lalu," katanya.

Ia menerangkan kedua pasien adalah keluarga yang terpapar karena kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

baca juga: Tunjuk Rosdi Jadi Ketua Tim Pemenangan, ESA: Kemenangan Kita, Kemenangan Rakyat Pasbar

"Kita akan melanjutkan proses tracking dan testing. Sedangkan untuk pusat tracking akan kita laksanakan di Kecamatan Sungai Aur," terangnya.

Ia juga memperkirakan hasil tracking di Kecamatan Sungai Aur berkemungkinan ada ratusan warga yang pernah kontak dengan kedua pasien terkonfirmasi positif corona tersebut.

baca juga: Dapat Nomor Urut 4 di Pilkada Pasbar, Ini Kata Petahana

"Kemungkinan hasil tracking berjumlah ratusan. Sedangkan terhadap pasien yang positif, sejauh ini mereka kooperatif menerangkan kemana saja mereka pergi," jelasnya.

Di samping itu ia menambahkan, ada sebanyak 7 orang hasil sampel swab warga Pasaman Barat yang belum keluar. Namun hasil swab warga yang belum keluar itu tidak ada berhubungan dengan pasien yang positif corona.

"Ada sebanyak 7 orang warga kita yang hasil sampel swab mereka belum keluar, sebab baru tadi dilakukan. Mereka ini baru pulang dari daerah luar Pasaman Barat dan tidak berhubungan dengan pasien positif corona," ungkap Edi Busti.

Pihaknya berharap kepada masyarakat agar jangan pernah lengah dan tetap waspada. Selain itu terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti rajin mencuci tangan dengan air yang mengalir, pakai masker dan jaga jarak.

"Bagi warga kita himbau agar tetap ikuti protokol kesehatan Covid-19 yang telah disampaikan pemerintah. Sedangkan terhadap pasien terkonfirmasi positif corona, kita berharap agar segera sembuh seperti sedia kala," harapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi