Realisasi Betonisasi di Padang Capai 27,6 Kilometer di Semester Dua

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Padang mencatat, realisasi pengerjaan betonisasi jalan lingkungan telah mencapai 27,6 kilometer hingga triwulan II tahun 2020. Realisasi tersebut hampir mencapai target yakni 30 kilometer selama tahun ini.

"Capaian pengerjaan betonisasi jalan lingkungan di Kota Padang telah 90 persen lebih hingga triwulan II. Diharapkan pengerjaan dapat segera dituntaskan sehingga target yang dibebankan dapat tercapai," kata Kepala DPRKPP Kota Padang Tri Hadyanto, Rabu 12 Agustus 2020.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Semen Padang Hospital Tambah 23 Tempat Tidur

Menurutnya, 30 kilometer pengerjaan betonisasi jalan lingkungan tahun ini, tersebar di 11 kecamatan yang ada. Dengan menggunakan APBD Kota Padang sebesar Rp28,1 miliar.

"Hampir merata dari seluruh kecamatan di Kota Padang ," katanya.

baca juga: Ini Persyaratan Jika Ingin Pindahkan Jenazah COVID-19

Ia menyampaikan, meskipun di masa pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh terhadap pengerjaan betonisasi jalan lingkungan. Sebab DPRKPP Kota Padang telah melakukan tender dini pada akhir Desember 2019, sehingga pengerjaan dapat dilakukan pada awal tahun 2020.

"Tingginya realisasi betonisasi karena pengerjaan tidak terganggu. Tender sudah dilakukan jauh-jauh hari sehingga tidak terkena recofusing anggaran," lanjutnya.

baca juga: Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan Raya Padang-Solok, PT Semen Padang Kerahkan Relawan TRC

Ia mengatakan, di dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2020-2024, pengerjaan betonisasi ditargetkan sepanjang 147 kilometer. Keberadaan betonisasi jalan lingkungan guna mempermudah akses masyarakat.

"Setiap tahun realisasi betonisasi dapat mencapai target. Usulan betonisasi datang dari masyarakat dan pokir DPRD Kota Padang ," tutupnya.

baca juga: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ajak Karang Taruna Luki Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi