Maling Sepeda Tertangkap Kamera CCTV di Parkiran Masjid di Padang, Pelaku Diamankan

Pelaku TH Saat Beraksi
Pelaku TH Saat Beraksi (Screenshot video)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Sektor (Polsek) Kuranji mengamankan seorang pelaku pencurian sepeda di Depan Masjid Taqwa, Kampung Tanjung, Belimbing, Kota Padang. Saat beraksi, ia tertangkap oleh Close Circuit Television (CCTV) yang terpasang di masjid.

Dari rekaman CCTV yang diterima KLIKPOSITIF , dengan durasi 47 detik, terlihat pelaku datang ke parkiran masjid mengenakan baju hitam, lalu melihat situasi, begitu situasi aman pelaku langsung membawa sepeda dan mengambil sepeda merek Exotic berwarna hitam dan biru.

baca juga: Aturan Bersepeda dari Kemenhub Soal Wajib Pakai Helm, Ini Penjelasannya

Diketahui pelaku berinisial TH (20) warga Jalan Pepaya, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Ia ditangkap 4 jam paska kejadian. Sementara itu, korban berinisial YNA (21), warga Kampung Tanjung, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Kapolsek Kuranji Kompol Armijon mengatakan, pihaknya mendapat laporan kehilangan sepeda pada Selasa (11/8/2020) sekira pukul 23.00 WIB kemarin. Sesaat mendapatkan laporan, tim Opsnal meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

baca juga: Kemenhub Bikin Aturan Bersepeda, Ada 7 Perangkat Wajib Sebelum Gowes di Jalanan

"Kami mendapatkan petunjuk dari CCTV bahwa pelaku memang telah melakukan pencurian sepeda . Pelaku menggunakan sepeda motor menuju masjid dengan temannya, lalu ia turun mengutip sepeda tersebut," katanya kepada KLIKPOSITIF , Rabu (12/8/20202).

Armijon menambahkan, setelah mendapatkan informasi dari CCTV, tim langsung mencari keberadaan pelaku. "Berdasarkan bantuan dari masyarakat, pelaku berada di Jalan Pepaya, Belimbing, Kota Padang," ujarnya.

baca juga: Potensi Besar, Kemenperin Dorong Penerapan Sepeda Wajin SNI

"Kemudian langsung digelandang ke Mapolsek Kuranji untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," sambungnya.

Armijon menyebutkan, sementara itu barang bukti berupa sepeda hasil curian dan sepeda motor yang digunakan ikut disita menjadi barang bukti.

baca juga: Brompton Masih Kalah Mahal dengan Sepeda yang Satu Ini

Armijon menghimbau, terkait meningkatnya penggunaan sepeda sehingga berefek pada maraknya pencurian sepeda , agar masyarakat pengguna berhati-hati dalam memarkirkan sepeda dan jangan sembarang tempat.

"Gunakanlah kunci ganda dan menempatkan ditempat yang sangat aman, agar tidak menjadi korban pencurian," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal