Pemda Pariaman Kembali Kibarkan Bendera dan Upacara HUT RI di Dalam Laut

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Pariaman , bersama komunitas yang ada di daerah itu menjadwalkan mengibarkan bendera Merah Putih di dalam laut pada Sabtu (15/8) mendatang.

"Kondisi saat ini untuk upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI tidak boleh mengundang orang banyak karena masih suasana Covid-19 makanya kita rencanakan upacara dibawah laut, serta sebagai langkah untuk mempromosikan wisata bahari di Pariaman ," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Hendri di Pariaman , Kamis 13 Agustus 2020.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Lebih lanjut Hendri menyampaikan pengibaran bendera Merah Putih tersebut merupakan yang ketiga kalinya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan di Kota Pariaman yang pada tahun ini kegiatan itu diiringi penanaman terumbu karang.

"Kegiatan itu dilaksanakan dekat Pulau Bando yang rangkaiannya dimulai dari Jumat (14/8) sampai Minggu (16/8)," katanya.

baca juga: Karena Capaian Ini, Partai Golkar Usung Pasangan Sutan Riska - Dasril Panin di Pilkada Dharmasraya.

Hendri mengatakan kegiatan tersebut tidak saja untuk memeriahkan peringatan HUT RI dan menjaga keberlangsungan biota laut namun juga untuk mempromosikan wisata bahari di Kota Pariaman kepada masyarakat luas.

"Ini bisa memperkenalkan keindahan bawah laut di Pariaman kepada pecinta olahraga selam," katanya.

baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan Nyaris 1 Ton Ganja

Diketahui lokasi tempat pengibaran bendera tersebut sering dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata minat khusus oleh wisatawan yang mencintai wisata bawah laut.

"Namun selama ini wisata yang dibuka secara masal hanya Pulau Angso Duo, Pulau Kasiak, dan Pulau Ujung, namun nanti ke Pulau Bando akan dibuka secara masal," ujarnya.

baca juga: Truk Terguling, Flyover Bukittinggi Ditutup Sementara

Komunitas tersebut yaitu Komunitas Merah Putih Pariaman yang di dalamnya terdapat komunitas Tabuik Diving Club, serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat.

Ia menyebutkan setidaknya 17 penyelam akan mengibarkan bendera merah putih di dalam laut yang nantinya akan mengundang dan mengikutsertakan sejumlah pihak.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri