Pendapatan Pedagang Menurun, Pemko Turunkan Tarif Retribusi Toko dan Kios di Pasar Payakumbuh

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Dahler.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Dahler. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Menurunnya pendapatan pedagang di Pasar Payakumbuh selama pandemi virus Corona atau COVID-19 disikapi pemerintah daerah setempat dengan lahirnya keputusan Wali Kota Payakumbuh Nomor:530.7/405/Wk-Pyk/2020 tentang penetapan pengurangan tarif retribusi sewa toko, kios dan petakan pasar grosir

"Untuk pengurangan tarif retribusi terhitung dari sewa April hingga Desember 2020," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Dahler, Kamis (13/8).

baca juga: Sebanyak Empat Personel Polres Payakumbuh Positif COVID-19 Setelah Berkegiatan Padang

Dikatakan Dahler, kondisi pedagang di Pasar Kota Payakumbuh cukup memprihatikan karena pandemi COVID-19 telah berpengaruh terhadap perekonomian yang juga berdampak langsung kepada berkurangnya jual beli pedagang.

"Keringanan ini khusus untuk pedagang yang tidak menjual bahan pokok. Kalau barang pokok atau barang harian Alhamdulillah tetap berjalan normal. Bahkan pembayaran sewa retribusinya juga lancar," katanya.

baca juga: Riza Falepi Ingatkan ASN Pemko Payakumbuh untuk Jaga Netralitas di Pilkada

Untuk skema pengurangan tarif retribusi berbeda-beda. Pada April hingga Juni, pengurangan mencapai 75 persen, Juli sampai September 50 persen dan Oktober hingga Desember sebesar 25 persen

"Berarti rata-ratanya itu ada pengurangan 50 persen. Ini hanya berlaku sampai sewa Desember. Kalau nanti sampai tahun depan kondisinya belum normal atau membaik, bisa saja dibuatkan kembali aturannya," sebut dia.

baca juga: Baliho Paslon Pilkada Sudah Bertebaran, Bawaslu Sumbar: Itu Bukan APK Resmi dan Akan Ditertibkan

Ia menjelaskan toko, kios dan petakan pasar grosir yang dikurangi ini adalah yang berada di Inpres pasar 8/79, toko tahap I Inpres 76/77, pertokoan bertingkat belakang hijra, Inpres 8/81, toko kios Terminal Sago, toko gerbang Terminal Sago, kios Inpres 77/78 blok barat dan ruang bawah tangga pusat pertokoan.

"Tapi ini hanya untuk sewa retribusi, untuk retribusi K3 atau kebersihan masih berlaku normal, yakni Rp15 ribu," katanya. (*)

baca juga: Update COVID-19 di Lima Puluh Kota, 11 Sembuh dan 6 Positif

Editor: Taufik Hidayat