Audy Joinaldy: Pasbar Memiliki Tiga Potensi Jika Dikelola Dengan Baik

Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy
Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy (Istimewa)

PASBAR, KLIKPOSITIF -Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldymenilai Pasaman Barat banyak memiliki potensi yang tinggi dan berlimpah untuk dikembangkan.

"Meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama dengan melihat potensi yang patut dikembangkan disuatu daerah," sebutnya Audy, Kamis (13/8/2020) di Simpang Empat.

baca juga: Audy Joinaldy Ajak Milenial Kenal Minangkabau dari Buku

Ia mengatakan Kabupaten Pasaman Barat memiliki potensi diberbagai sektor untuk dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di Pasaman Barat ada tiga potensi yang sangat mendukung jika dikelola dengan baik, seperti dalam bidang pertanian, perikanan dan pariwisata.

baca juga: Audy Joinaldy Adakan Kompetisi Membuat 2 Bait Pantun Minang

Menurutnya bidang pertanian di Pasaman Barat sangat menjanjikan, selain di sektor perkebunan kelapa sawit. Ada hal yang lebih menjanjikan seperti Jagung.

"Pasaman Barat merupakan salah satu daerah di Sumbar penghasil jagung terbesar. Saya ingin kedepannya Pasaman Barat benar-benar menjadi sumber penghasil jagung di Sumbar bahkan nasional," katanya.

baca juga: Cawagub Audy Joinaldy Diskusi Persoalan Sumbar dengan Shadiq Pasadigoe

Menurutnya selain jagung bisa dijadikan pakan ternak. Masyarakat bisa membuat oleh-oleh khas Pasaman Barat jika diolah dan dikemas dengan baik menjadi berbagai macam makanan.

"Kedepannya kita jangan berpikir hanya menjual jagung saja keluar daerah. Sementara setelah jadi pakan malah kita membelinya.

baca juga: Cuti Ikuti Pilgub, Mahyeldi Tinggalkan Rumah Dinas

"Apa salahnya kita nanti bisa mengolahnya sendiri dan menghasilkan jenis makanan lainya seperti puding dan makanan ringan lainnya," jelasnya.

Selain tanaman jagung, ia melihat potensi perikanan dan pariwisata juga menjadi sektor perhatian dan memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan.

Ia menerangkan Pasaman Barat memiliki panjang laut mencapai 152 kilometer dengan ikan yang melimpah. Sedangkan disektor pariwisata Pasaman Barat memiliki objek wisata alam dan pantai yang indah.

Mulai dari Gunung Talamau, Pantai Sasak, Maligi, Pantai Air Bangis dan masih banyak objek wisata lainnya yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

"Dari potensi-potensi tersebut, tinggal bagaimana kita untuk mengembangkannya. Terhadap potensi pariwisata bagaimana kita mengekploir dan mengekspos ke dunia luar," ujarnya.

Namun untuk mewujudkan itu kata Audy, tentu sarana prasarananya disiapkan dan dikemas dengan baik. Disamping itu juga dibutuhkan kekompakan semua pihak.

"Jika ingin mewujudkan segala potensi yang ada di Pasaman Barat, tentu dibutuhkan kerja sama dan kekompakan semua pihak terutama masyarakat,' katanya. (*)

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Pundi F Akbar