Proyek Pendestrian Dimulai, Puluhan PKL Dipindahkan ke Bawah Kanopi Pasar Payakumbuh

Proyek pendestrian di Jalan Sudirman-Soekarno Hatta Kota Payakumbuh.
Proyek pendestrian di Jalan Sudirman-Soekarno Hatta Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Dimulainya proses pelebaran dan pendestrian di Jalan Sudirman-Soekarno Hatta Kota Payakumbuh membuat pemerintah daerah setempat merelokasi puluhan pedagang kaki lima ( PKL ) yang biasa berjualan di pinggir jalan ke bawah kanopi Pasar Pusat Payakumbuh .

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Dahler menyebut, terdapat puluhan lapak PKL harus dipindahkan karena tempat yang selama jadi tempat berjualannya dalam proses pembangunan dan untuk ke depannya, PKL akan dilarang berjualan di lokasi tersebut.

baca juga: Baliho Paslon Pilkada Sudah Bertebaran, Bawaslu Sumbar: Itu Bukan APK Resmi dan Akan Ditertibkan

"Kita tetap fasilitasi agar PKL yang di sepanjang jalan protokol itu untuk bisa berjualan. Namun mereka harus mau dipindahkan ke bawah kanopi karena tempat mereka berjualan sebelumnya akan menjadi area pedestrian untuk pejalan kaki, kalau nanti berjualan di sana akan dikenakan sanksi," kata Dahler, Kamis (13/8).

Untuk saat ini, kata dia, ada sekitar 21 lapak PKL yang berjualan kuliner malam mulai dari depan SMP N 1 Payakumbuh hingga Simpang Benteng. Lapak PKL itu sudah direlokasi ke bawah kanopi.

baca juga: Update COVID-19 di Lima Puluh Kota, 11 Sembuh dan 6 Positif

Dia menyebut, para PKL itu telah didata sedemikian rupa oleh Pemko Payakumbuh dan diundang dalam rapat sebelum dilakukan proses relokasi.

"Untuk pedagang baru yang diterima atau ditempatkan di kanopi hanya pedagang yang sebelumnya berjualan di depan SMPN 1 Payakumbuh sampai Simpang Benteng, di luar lokasi tersebut belum bisa kami akomodir karena keterbatasan lokasi," kata Dahler.

baca juga: Bawaslu Payakumbuh Ajak Masyarakat untuk Ikut Berpartisipasi Dalam Pengawasan Pilkada

Dijelaskannya, Pemko Payakumbuh memang sudah punya rencana untuk memindahkan lapak PKL secara permanen, dan upaya itu harus dilaksanakan dari sekarang agar tidak keteteran di kemudian hari.

Relokasi PKL akan membantu untuk memudahkan pekerjaan pembangunan pedestrian yang sedang berlangsung.

baca juga: Indeks Kerawanan Pemilu Sumbar Tertinggi Nasional, Bawaslu Siapkan Strategi Pengawasan

" PKL yang mendapatkan tempat relokasi di bawah kanopi ini beruntung karena mereka diberi hak area berdagang permanen," terangnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat