Pilkada Solok, KPU Buka Pendaftaran Calon 4-6 September 2020

Komisioner Bidang Teknis KPU Kabupaten Solok, Defil menjelaskan syarat calon dan pencalonan di Pilkada Solok 2020
Komisioner Bidang Teknis KPU Kabupaten Solok, Defil menjelaskan syarat calon dan pencalonan di Pilkada Solok 2020 (Klikpositif)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok menjadwalkan masa pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan Wakil Bupati Solok selama tiga hari dari 4-6 September 2020 mendatang.

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok, baik jalur independen maupun yang diusung gabungan partai politik harus melengkapi seluruh dokumen syarat calon serta syarat pencalonan pada saat pendaftaran.

baca juga: Bawaslu Pessel: Posting Terkait Pilkada di Medsos juga Pelanggaran bagi ASN

Untuk syarat calon dan syarat pencalonan mengacu pada PKPU Nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga tentang PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota.

"Ada dua syarat yang harus dilengkapi saat pendaftaran nanti, yakni syarat calon dan syarat pencalonan," terang Komisioner KPU Kabupaten Solok , Defil, saat sosialisasi tahapan pencalonan, Kamis (13/8/2020) di Aula D'Relazion, kota Solok.

baca juga: Bawaslu Payakumbuh Ajak Masyarakat untuk Ikut Berpartisipasi Dalam Pengawasan Pilkada

Sosialisasi dibuka langsung Ketua KPU Kabupaten Solok , Ir. Gadis dan dihadiri seluruh Komisioner KPU. Sosialisasi dilakukan terhadap pengurus partai politik maupun berbagai pihak yang terkait dalam pelaksanaan Pilkada di kabupaten Solok, baik TNI-Polri, Kejaksaan, pengadilan serta unsur lainnya.

Pihaknya meminta, bakal calon maupun partai politik atau gabungan partai politik untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan saat pendaftaran, terutama syarat pencalonan, karena tidak ada masa perbaikan untuk melengkapi syarat pencalonan.

baca juga: Indeks Kerawanan Pemilu Sumbar Tertinggi Nasional, Bawaslu Siapkan Strategi Pengawasan

"Yang bisa diperbaiki itu hanya syarat calon, kalau syarat pencalonan harus bisa selesai pada hari pendaftaran ke KPU. Untuk itu, kita minta untuk dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum mendaftar," tukasnya.

Syarat pencalonan diantaranya formulir B. KWK Parpol yakni surat pencalonan dan kesepakatan calon, formulir B.1 KWK Parpol yang berisi surat keputusan partai dari pengrus pusat (DPP) yang mengusung kandidat.

baca juga: Wako Payakumbuh Minta Pelaksanaan Pilkada Patuhi Maklumat Kapolri

Sementara itu, syarat calon meliputi surat pernyataan bakal pasangan calon, daftar riwayat hidup, Ijazah (minimal SLTA/sederajat), SKCK dari pihak kepolisian dan syarat lainnya.

Terkait dengan syarat dukungan pada Pilkada 2020 , untuk jalur perseorangan minimal harus mendapatkan dukungan sebanyak 23.962. sementara untuk jalur partai, minimal didukung oleh partai atau gabungan partai yang memiliki minimal 7 kursi di DPRD.

Penulis: Syafriadi | Editor: Rezka Delpiera