Rapat Istimewa HUT RI ke-75 di Pessel Sepi Anggota Dewan

Foto postingan yang memperlihatkan banyak kursi anggota dewan di Pessel sepi saat rapat paripurna dengar pidato Persiden RI secara virtual
Foto postingan yang memperlihatkan banyak kursi anggota dewan di Pessel sepi saat rapat paripurna dengar pidato Persiden RI secara virtual (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Kehadiran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat dalam rapat paripurna istimewa, sekaligus dengar pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo memperingati HUT RI ke-75, tampak jadi perhatian, Jumat 15 Agustus 2020.

Sebab, dari 45 anggota legislatif di daerah itu hanya 15 orang yang hadir. Selebihnya, tidak hadir tanpa ada konfirmasi ke sekretariat DPRD setempat.

baca juga: Cerita Pelajar Kampung Dilan dengan Adanya Program TMMD di Pessel

"Benar, hanya sampai 15 orang yang hadir. Selebihnya, tidak hadir tanpa ada konfirmasi ke sekretariat," ungkap Sekwan DPRD Pessel , Jarizal saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , usai rapat paripurna digelar di DPRD setempat.

Lengangnya kehadiran anggota dewan di daerah itu, terlihat setelah adanya postingan anggota DPRD yang hadir kala itu. Memang, tidak menyudutkan yang tidak hadir, namun dalam foto yang diposting tampak jelas sejumlah kursi berdasarkan nama itu kosong tidak ada yang menduduki.

baca juga: TMMD 109 di Pessel, Para Personel TNI Tak Tinggal Bersama Orang Tua Angkat

Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo, didengar secara vitrual dalam rapat paripurna DPRD. Dalam pidato kenegaraan, Presiden RI Joko Widodo menegaskan serta mengajak agar rakyat Indonesia secara bersama untuk memecahkan masalah fundamental yang dihadapi.

Selain soal persoalan pokok negara yang dialami saat ini. Presiden juga menyinggung bahwa di tengah berbagai kesulitan teknis selama pandemi, BPK secara cepat dan cermat telah memeriksa dan menyampaikan 1.180 laporan hasil pemeriksaan 2019.

baca juga: Bawaslu Pessel Temukan Dua Oknum yang Diduga Langgar Netralitas PNS

Dan, dari hasil itu telah memberikan 36.000 rekomendasi kepada pemerintah, dan memerintahkan penyetoran ke kas negara senilai Rp1,39 triliun.

Terkait banyaknya anggota dewan yang tidak hadir dalam rapat paripurna saat itu, Jarizal-pun belum mendapat alasan dari masing-masing anggota dewan. Sebab, menurutnya, jauh hari sebelum paripurna sudah dijadwal kan dalam agenda Bamus dewan.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Terus Bertambah, Total Hingga Hari Ini Sudah Tercatat 253 Orang

"Jadi kita belum tau juga apa penyebanya. Tapi, tadi Forkompinda lengkap," jelasnya.

Terpisah, hingga berita ini diturunkan KLIKPOSITIF belum mendapat tanggapan langsung dari Ketua DPRD Pessel , Ermizen yang memimpin paripurna dengar pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo.

Ketika saat dikonfirmasi melalui pesan whatshap sore ini, ia mengaku sedang ada kegiatan, dan belum menanggapi terkait hal yang dikonfirmasi.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera