Kasus Positif COVID-19 Bertambah, Rencana Pembelajaran Tatap Muka di Payakumbuh tak Terganggu

Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda.
Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh , Rida Ananda mengungkapkan bahwa terjadinya penambahan kasus positif COVID-19 di daerah tersebut, Kamis (13/8) kemarin tak mengganggu rencana pembelajaran tatap muka yang akan dimulai pada 24 Agustus nanti.

Menurut Rida, hal itu tidak terlepas dari status Kota Payakumbuh yang masih termasuk zona kuning penyebaran COVId-19.

baca juga: Sebanyak Empat Personel Polres Payakumbuh Positif COVID-19 Setelah Berkegiatan Padang

"Rencana untuk kembali memulai proses pembelajaran tatap muka di sekolah masih memungkinkan," kata Rida, Jumat (14/8).

Meski rencana pembelajaran tatap muka belum mengalami perubahan dari jadwal awal yang sudah disusun, Rida mengaku bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap penyebaran COVID-19 di wilayahnya tersebut.

baca juga: Riza Falepi Ingatkan ASN Pemko Payakumbuh untuk Jaga Netralitas di Pilkada

Untuk memastikan keamaan peserta didik dan guru-guru yang nantinya mengajar di sekolah, Rida menyebut, tim gugus tugas penanganan COVID-19 Kota Payakumbuh terus bekerja.

"Seluruh keluarga dan kerabat dekat pasien terakhir yang positif telah kita lakukan tes. Kalau memang nanti ditemukan ada penambahan kasus tentu akan kita akan evaluasi rencana ini (pembelajaran tatap muka)," terang Sekda.

baca juga: Baliho Paslon Pilkada Sudah Bertebaran, Bawaslu Sumbar: Itu Bukan APK Resmi dan Akan Ditertibkan

Pemko Payakumbuh juga melakukan swab test untuk seluruh gurunya sebelum pembelajaran tatap muka kembali dilakukan.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi kasus positif baru. Tapui pertama-tama kami pastikan dulu bahwa guru-guru dalam kondisi sehat ketika nanti mengajar. Sesuai arahan Wali Kota Riza Falepi, keselamatan adalah hal utama," terangnya.

baca juga: Update COVID-19 di Lima Puluh Kota, 11 Sembuh dan 6 Positif

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan dalam memastikan keamanan kembali melaksanakan belajar tatap muka, pihaknya telah mulai melakukan swab test untuk guru.

"Tadi kami laksanakan dan akan dilanjutkan Selasa (18/8) nanti karena hari ini belum semua guru yang dapat di tes," ujarnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat