Kasus COVID Terus Bertambah, Gugus Tugas Sebut Pessel Masih Tetap di Zona Kuning

ilustrasi
ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat belum merubah status zona di daerah itu, meski sudah terjadi penambahan kasus COVID-19 sejak Idul Adha 2020 lalu.

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID- 19 Pessel , Dailipal mengaku, hingga kini status Pessel masih tetap zona kuning. Belum ada perubahan, termasuk soal penanganan yang sudah diterapkan di daerah itu.

baca juga: Instruksi Pelarangan Pesta Nikah Diabaikan Warga, Pemkab Pessel : Camat dan Wali Nagari Harus Proaktif

"Untuk sementara ini, kita belum ada perubahan status, masih tetap kuning. Rencana nanti akan dirapatkan dulu, bagaimana langkah-langkahnya," ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Jumat 15 Agustus 2020.

Sejak pasca Idul Adha Juli 2020, hingga Kamis 14 Agustus jumlah kasus di daerah itu melonjak tajam menjadi 30 kasus. Dari sebelumnya, berjumlah 18 kasus. Di mana kasus tersebut terjadi peningkatan setelah adanya kontak erat dengan kasus positif ke 19 di daerah itu.

baca juga: Pesantren di Solok Selatan Ini Gratiskan Biaya Pendidikan

Kendati demikian, katanya, Gugus Tugas bakal segera merapatkan kondisi ini untuk mempersiapkan langkah selanjutnya. Sebab, penanganan COVID harus dilakukan secara ketat.

"Ini akan menjadi evaluasi kita, dan akan menjadi pertimbangan untuk langkah yang akan diambil," terangnya.

baca juga: Dandim 0311 Pessel Baru Rangkul Wartawan

Lanjutnya, untuk meningkatkan penanganan COVID di daerah itu, ia berharap agar masyarakat lebih memperketat lagi penerapan protokol COVID. Sebab, mau bagaimana-pun tanpa peran masyarakat COVID sulit dikendalikan.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi