17 Agustus Pukul 10.17 WIB, Sirene Akan Berbunyi di Payakumbuh

Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda.
Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Tepat pukul 10.17 WIB sampai dengan 10.20 WIB, 17 Agustus 2020, sirene akan berbunyi di Kota Payakumbuh . Masyarakat juga diminta berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna selama momen tersebut.

"Salah satu hal yang akan kita lakukan pada HUT RI 17 Agustus nanti adalah dengan membunyikan sirene tepat pada pukul 10.17 WIB sampai 10.20 WIB," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh , Rida Ananda, Jumat (14/8).

baca juga: Sebanyak Empat Personel Polres Payakumbuh Positif COVID-19 Setelah Berkegiatan Padang

Membunyikan sirene pada 10.17 WIB merupakan ajakan dari Istana Kepresidenan yang mengajak seluruh pemerintah daerah untuk membunyikan sirene di masing-masing wilayah.

"Kami imbau masyarakat untuk berhenti sejenak guna menghormati bendera merah putih yang dikibarkan pada 17 Agustus," kata Rida.

baca juga: Riza Falepi Ingatkan ASN Pemko Payakumbuh untuk Jaga Netralitas di Pilkada

Perayaan HUT RI tahun ini memang dipastikan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi virus Corona atau COVID-19 di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, Rida menyebut bahwa untuk perayaan akan cukup minimalis, termasuk dengan pelaksanaan upacara bendera yang akan diikuti oleh jumlah personel terbatas.

baca juga: Baliho Paslon Pilkada Sudah Bertebaran, Bawaslu Sumbar: Itu Bukan APK Resmi dan Akan Ditertibkan

"Upacara penaikan bendera pada 17 Agustus pagi akan diikuti oleh jumlah personel dan jumlah kursi yang terbatas," jelasnya.

Terkait situasi pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya berakhir, Rida mengimbau warga untuk tidak melakukan kegiatan yang bisa memancing kerumunan.

baca juga: Update COVID-19 di Lima Puluh Kota, 11 Sembuh dan 6 Positif

"Kalau bisa dikurangi lebih baik dikurangi, upacara bendera saja dikurangi (jumlah personelnya), kita berharap masyarakat bisa memahami karena pandemi belum berakhir," katanya.

Seperti diketahui, Kota Payaumbuh kembali mencatatkan penambahan satu kasus positif COVID-19, sehingga untuk saat ini terdapat dua kasus positif COVID-19 di daerah tersebut. (*)

Editor: Taufik Hidayat