Kasus COVID Terus Meningkat, Pemkab Pessel Bakal Perketat Lagi Penerapan Protokol COVID

Sekretaris Gugus Tugas COVID Pessel, Dailipal
Sekretaris Gugus Tugas COVID Pessel, Dailipal (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Gugus Tugas Penanangan COVID-19 Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat bakal memperketat lagi penerapan protokol kesehatan demi terkendalinya penanganan kasus COVID-19 di daerah itu.

Sekretaris Gugus Tugas Pengananan COVID- 19 Pessel , Dailipal menyebutkan, penerapan protokol kesehatan harus mesti diperketat lagi. Sebab, sejak ada pelonggaran di masa new normal, penambahan kasus meningkat tajam di daerah itu.

baca juga: Instruksi Pelarangan Pesta Nikah Diabaikan Warga, Pemkab Pessel : Camat dan Wali Nagari Harus Proaktif

"Tidak hanya pemerintah. Namun, juga masyarakat karena hari ini kita butuh perhatian bersama," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Jumat 14 Agustus 2020.

Sebab, sejak diberlakukan new normal atau pasca Idul Adha akhir Juli 2020 lalu, kasus di Pesisir Selatan terjadi peningkatan. Tercacat sebelum new normal, masih 18 kasus, kini sudah tercacat 30 kasus atau meningkat 12 kasus.

baca juga: Pesantren di Solok Selatan Ini Gratiskan Biaya Pendidikan

"Ini akan menjadi evaluasi kita, dan akan menjadi pertimbangan untuk langkah yang akan diambil," jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini dengan telah diberlakukan new normal, kebanyakan masyarakat menganggap segala aktivitas sudah aman dari COVID. Padahal, sebenarnya belum karena secara nasional jumlah kasus terus terjadi.

baca juga: Dandim 0311 Pessel Baru Rangkul Wartawan

"Seperti pesta nikah, kita belum memberi izin sebenarnya. Cuma masyarakat sudah merasa aman, mereka melakukan dengan sendiri," terangnya.

Lanjutnya, untuk menyikapi kasus saat ini, pihaknya akan segera menggelar rapat untuk melakukan evaluasi. Selain mengambil langkah tepat soal penanganan, juga kebijakan dalam menerapkan protokol COVID secara tertib di tengah masyarakat.

baca juga: Terus Bertambah, Kasus COVID-19 di Pessel Capai 112 Kasus

"Contoh masyarakat harus memakai masker dan menjaga jarak akan diperketat lagi. Secepatnya ini akan kita akan evaluasi, dan ini sudah kita koordinasikan dengan pimpinan," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi