Nasrul Abit Rutin Tes Swab

Nasrul Abit tes swab
Nasrul Abit tes swab (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit rutin tes swab usai kunjungan luar daerah seperti ke Jakarta dan beberapa daerah zona merah.

Langkah ini dilakukan untuk membuktikan keseriusan pemerintah menekan penyebaran COVID-19.

baca juga: Pengamat Politik: NA-IC Berpeluang Menang Pilgub Menurut Swing Voters dan Undecided Voters Tinggi

"Kita harus mendisiplinkan diri, jangan hanya dilakukan kalau ada yang terkena virus saja. Tapi harus memberikan contoh pada masyarakat, kepedulian terhadap kesehatan sangat penting. Jangan kita yang kembali dari Jakarta yang membawa virus ke Sumbar,"katanya, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Ia juga mengatakan bahwa orang yang datang ke Sumbar wajib tes swab, karena peningkatan tes swab salah satu kunci untuk menekan tingkat penularan dari COVID-19 di Sumbar.

baca juga: Rp695,2 Triliun Dialokasikan untuk Penanganan COVID-19, PK Gebrak Imbau UNP Masyarakat Awasi Penggunaan Dananya

"Kembali saya tekankan bagi siapa saja yang melakukan perjalanan dinas luar daerah wajib hukumnya melaksanakan swab test. Meskipun dari daerah hijau sekalipun," tegasnya.

Sesuai Edaran Gubernur nomor : 360/189/Covid-19-SBR/VIII-2020 tentang

baca juga: Studi: Kucing dan Anjing Positif Covid-19 Alami Masalah Pernapasan

Kewajiban Pemeriksaan Swab RT-PCR BAGI ASN, karyawan BUMD, BUMN, pejabat daerah di lingkungan provinsi Sumatera Barat yang melakukan perjalanan dari luar provinsi.

Edaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin kesehatan untuk mematuhi semua aturan protokol kesehatan dalam memutus rantai penularan COVID-19 terutama di Sumatera Barat.

baca juga: Lebih Satu Bulan Isolasi, Wawako Payakumbuh Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

"Jangan sampai zona hijau kemudian kembali jadi oranye atau kuning," sebutnya

Nasrul Abit akan terus memantau dan memastikan setiap pergerakan kasus Covid-19 ini, supaya tidak terjadi claster baru di Sumbar.

"Sayangilah keluarga dan dunsanak kita ada di Sumbar, lakukanlah swab jika kembali dari luar daerah. Ciptakan disiplin diri antisipasi dini penyebaran virus corona," pesannya

Tes swab menjadi penting, karena sampai saat ini masih menjadi satu-satunya alat untuk menjaring orang yang terpapar virus corona. Menurut dia, di Sumbar yang paling banyak melakukan tes swab memiliki tingkat risiko penularan COVID-19 semakin kecil.

Ditambahkannya, belakang ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Sumbar yang didominasi oleh ASN, tenaga kesehatan, karyawan BUMN dan BUMD yang melakukan perjalanan dari Provinsi lain, baik melalui jalan darat, laut, maupun udara.

"Bagi siapa saja yang melakukan test swab, tidak usah takut melaksanakannya, karena test swab tidak dipungut bayaran alias gratis. Apalagi test di Bandara cepat dan nyaman. Semua biaya kami tanggung," tukasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir