Surat Edaran Wali Kota Terkait Perayaan HUT RI Direvisi, Masyarakat Padang Boleh Adakan Lomba

Surat edaran Wali Kota Padang sebelum dilakukan revisi
Surat edaran Wali Kota Padang sebelum dilakukan revisi (Istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang sudah melakukan revisi terkait Surat Edaran Wali Kota nomor 200/463/2020 tentang partisipasi peringatan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia.

"Kami sudah melakukan revisi dan mulai berlaku hari ini. Saat ini tinggal ditandatangani oleh Wali Kota Padang ," kata Kepala Kesatuan Berbangsa Berpolitik (Kesbangpol) Kota Padang , Yuska Librafortunan, Sabtu 15 Agustus 2020.

baca juga: Google Maps Ciptakan Fitur Baru Tampilkan Informasi Seputar COVID-19

Ia mengatakan, ada dua poin pada Surat Edaran sebelumnya yang direvisi kembali. Poin tersebut terdapat pada poin dua dan tiga.

"Kata larangan pada poin kedua diganti dengan melakukan pembatasan kerumunan dan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19," katanya.

baca juga: Perbincangan Presiden Jokowi dengan Dokter Paru Terpapar COVID-19

Poin ketiga, yang awalnya Lurah dan RT/RW se-Kota Padang agar mengimbau dan mengingatkan warga di wilayah masing-masing untuk melarang adanya orgen tunggal, menjauhi kerumunan dan menyemarakkan HUT RI ke-75 cukup dengan spanduk dan umbul-umbul diganti dengan beberapa penjabaran.

"Poin ke tiga pada revisi ini diganti dengan Lurah dan RT/RW se-Kota Padang agar mengimbau dan mengingatkan warga di wilayah masing-masih untuk menyemarakkan hari kemerdekaan RI ke-75," lanjutnya.

baca juga: Hari Ini, Pessel Tambah Empat Kasus Positif COVID-19

Ia mengatakan, caranya dengan memperbanyak spanduk, marawa, stiker dan hiasan lainnya yang relefan serta kegiatan perlombaan dengan konsep mencintai lingkungan.

"Kepada Camat dan Forkopimcam diharapkan memonitor pengibaran bendera di wilayah masing-masing dan melaporkan hasilnya kepada Sekda," lanjutnya.

baca juga: Ini Persyaratan Jika Ingin Pindahkan Jenazah COVID-19

Menurutnya, revisi yang dilakukan tersebut sesuai dengan surat edaran Mendagri tanggal 11 Agustus 2020 dengan hasil rapat forkopimfa pada Jumat 14 Agustus 2020 malam.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri