FMB9, Media Klarifikasi Pemerintah dalam Penanganan COVID-19

Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo
Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo (kominfo.go.id)

KLIKPOSITIF - Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dapat menjadi medium komunikasi yang ampuh untuk mengklarifikasi berbagai informasi yang berkaitan dengan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Sehingga, pesan yang disebarkan dapat berdampak positif kepada masyarakat di tengah masih mewabahnya virus.

"Forum ini mengklarifikasi berbagai informasi sehingga media mendapatkan informasi cepat, akurat, dan terpercaya. Supaya apa yang sudah kita kerjakan selama ini betul-betul berdampak menyelamatkan masyarakat Indonesia," ujar Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo saat membuka penyelenggaraan Diskusi Media FMB9 bertajuk "Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit" yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Sabtu (15/08/2020).

baca juga: Pasien Positif COVID yang Meninggal Bertambah di Pessel, Total Jadi 17 Orang

Melalui forum ini, lanjut Widodo, seluruh media pers dapat berinteraksi langsung dengan instansi pemerintah yang melakukan penanganan penyebaran Covid-19.

Harapannya, setiap kebijakan pemerintah dapat tersampaikan kepada masyarakat. Kemudian, setiap kebijakan tersebut dapat dipatuhi secara disiplin oleh masyarakat."Kami sampaikan sekali lagi mudah-mudahan FMB9 ini betul-betul bisa menjadi media interaksi," katanya.

baca juga: Seorang Anggota DPRD Pasaman Barat Positif Corona

Komunikasi dalam penanganan Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kepatuhan masyarakat melakukan protokol kesehatan. "Komunikasi itu nilainya kalau dihitung secara kuantitatif jauh lebih penting," imbuhnya.

Hadir sebagai narasumber Diskusi Media FMB9 Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dan Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin.

baca juga: Banyak Masyarakat Tak Percaya, Ketua Satgas: Covid-19 Bukan Konspirasi

Editor: Haswandi