DPRD Sumbar Akan Percepat Pembahasan Ranperda New Normal

Siswa menggunakan masker di sekolah
Siswa menggunakan masker di sekolah (KLIKPOSITIF/Halbert)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat akan percepat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait tatanan kehidupan baru atau new normal. Hal ini terkait telah dimasukkannya draft Perda itu ke DPRD Sumbar pada Kamis (13/8).

"Kita akan usahakan pembahasan peraturan ini lebih cepat. Draftnya baru diantarkan Kamis (13/8) dan akan dirapatkan di Badan Musyawarah (Bamus) kapan akan dibahas. Tentunya ini akan dilakukan pembahasan dari awal lagi karena dalam membuat draftnya DPRD tidak terlibat," kata Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

baca juga: Dinilai Terbuka Dalam Segala Hal, Ketua DPRD Sumbar Terima AMP

Ia mengatakan pihaknya akan memulai tahapan pembahasan, yang terlebih dahulu akan dilakukan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), kemudian akan dilakukan oleh Panitia Khusus (Pansus) dan dilanjutkan oleh komisi-komisi yang bertanggungjawab.

"Karena dari awal sudah wanti-wanti kepada gubernur bahwa pembahasan Perda itu dari awal melibatkan DPRD, agar DPRD paham isi-isi dan pasal-pasal, namun sayangya DPRD tidak dilibatkan, makanya kita terpaksa baca dari awal lagi untuk pembahasannya. Idealnya Perda itu dua bulan untuk pembahasannya, namun nanti akan kita coba lebih cepat," tuturnya.

baca juga: Pemprov dan DPRD Sumbar sepakati APBD Sumbar 2021 sebesar Rp6,73 Triliun

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumbar sudah memasukkan draft Ranperda soal tatanan kehidupan baru atau new normal. (*)

Editor: Fitria Marlina