Audy Joinaldy Peringati HUT RI ke-75 bersama Ribuan Pendaki di Gunung Talang

Audy Joinaldy berfoto bersama para pendaki usai upacara peringatan HUT RI ke-75 di Gunung Talang
Audy Joinaldy berfoto bersama para pendaki usai upacara peringatan HUT RI ke-75 di Gunung Talang (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Audy Joinaldy didapuk sebagai inspektur upacara oleh ribuan pendaki yang memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia di puncak Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Berbeda dengan prosesi biasanya, upacara di selter Gunung Talang itu dilakukan dengan sederhana. Para pendaki yang berasal dari berbagai daerah, baik Sumbar maupun regional, mengikuti jalannya upacara secara khidmat.

baca juga: Cawagub Sumbar Audy Joinaldy Hadiri Khitanan Massal di Pauh V

Usai upacara, sosok yang akrab dengan tagline Milenial Manang tersebut juga mengajak generasi muda pecinta olahraga mendaki gunung, untuk mengisi kemerdekaan dengan hal positif sesuai dengan bidang masing-masing.

"Tugas generasi muda bukan lagi untuk angkat senjata melawan penjajah, namun membangun bangsa dan negara melalui karya dan kontribusi positif di semua lini yang dikuasai," ajaknya.

baca juga: Datang ke Sumbar, Plt Ketum PPP Kobarkan Semangat Kemenangan untuk Pasangan Calon Mahyeldi - Audy

Menurutnya, kegiatan mendaki gunung tidak hanya sekedar menghabiskan waktu dan menyalurkan hobi, tapi penuh dengan makna. Salah satunya membangun silahturahmi antar sesama anak bangsa.

Bahkan, ulasnya, kendati sebelumnya tidak pernah ketemu, para pendaki selalu punya budaya keakraban antar sesama, Saling kenal, saling berbagi dalam hal positif dan membuka ruang silahturahmi.

baca juga: Mengenal Sosok Audy Joinaldy, Cawagub Milenial Sumbar Bergelar Datuak Rajo Pasisia Alam

"Seluruh pendaki itu lekat dengan budaya saling membantu, saling tegur sapa walau berbeda latar belakang. Inilah ragam positif yang sangat perlu dipupuk dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun bangsa dan negara," tuturnya.

Keakraban Audy dengan para pendaki begitu terlihat dari komunikasi yang dilakukan. Bahkan, tidak sedikit diantaranya yang memang meminta untuk berswafoto. Audy hadir di Gunung Talang bukan sebagai kandidat bakal calon Wagub Sumbar, tetapi sebagai generasi muda Indonesia.

baca juga: Survei Voxpol Tunjukan Pasangan Calon Gubernur Mahyeldi-Audy Joinaldi Sosok Pemimpin Paling Religius

"Tidak terbayang bagaimana para pejuang kita dahulu bergerilya, membelah hutan belantara demi mewariskan kemerdekaan bagi generasi penerus bangsa, jasa mereka tidak akan terbalas, kita hanya perlu bersyukur dan mengisi kemerdekaan dengan segenap kemampuan," tutupnya.

Menurut juru bicara Audy Joinaldy , Herdiyulis, Audy bersama tim sebanyak 25 orang melakukan pendakian dini hari melalui jalur Air Batumbuek. Pendakian dilakukan sekitar pukul 02.00 Wib lantaran kawasan sekitar pada malam diguyur hujan.

Berbekal dengan jaket dan senter, Audy bersama tim menembus hutan belantara. Jalur pendakian memang sangat berlumpur lantaran sempat diguyur hujan dan dilewati oleh ribuan pendaki. Diperkirakan jumlah pendaki yang naik sekitar 5 ribu lebih.

"Agak sedikit santai karena jalan berlumpur, namun karena semangat ingin memperingati HUT-RI di Gunung Talang bersama generasi milenial, beliau tetap bersemangat. Sampai di lokasi sekitar pukul 06.30 Wib," terangnya.

Sebelum melakukan pendakian, kendaraan operasional Audy juga sempat diperbantukan untuk mengangkut para pendaki yang memang berjalan kaki menuju pos pendakian. Dalam pendakian masa pandemi, dinas terkait dan pengelola memberlakukan protokol Kesehatan secara ketat.

Usai pendakian, Audy Joinaldy langsung beranjak ke kediaman keluarganya di kota Solok, istirahat sebentar, langsung menghadiri kegiatan HUT RI di kecamatan Sungai Lasi, Kabupaten Solok.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah