Tempuh 14 Kilometer dengan Satu Roda, Bocah 12 Tahun di Pessel Terpilih Sebagai Pesepeda Terunik

Taufiq Maulana, bocah 12 tahun yang terpilih menjadi perserta terunik dengan sepeda satu rodanya dalam perayaan HUT RI ke 75 di Sutera-Pessel
Taufiq Maulana, bocah 12 tahun yang terpilih menjadi perserta terunik dengan sepeda satu rodanya dalam perayaan HUT RI ke 75 di Sutera-Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Taufiq Maulana (12), bocah asal Dusun Pinang Pinang, Kampung Padang Panjang II, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat terpilih sebagai pesepeda terunik dalam perayaan HUT RI ke-75 di Kecamatan Sutera, Selasa 18 Agustus 2020.

Anak pasangan Desmawarni (47) dan Yusrizal (56) ini, sontak mencuri perhatian panitia dengan kelihaiannya. Tidak hanya itu, sejumlah warga yang menyaksikan dan peserta, juga tertuju pada bocah berbakat ini.

baca juga: Pasien Sembuh Corona di Pessel Tambah 7 Orang, 213 Orang Masih Positif

Sebab, saat itu cuma dirinya yang beratraksi dengan satu roda.

"Ya, Taufiq Maulana merupakan peserta yang terunik, dan terpilih dari sekitar 220 peserta sepeda santai yang kita gelar," ungkap Koordinator sepeda santai Sutera, Youri Satria saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF .

baca juga: Hari Terakhir Kampanye, Ribuan Massa Pendukung Rusma-Rudi Padati Pantai Muaro Bayang

Selain terunik, Taufiq Maulana juga berhasil menaklukan trek sepanjang 14 kilometer dengan sepeda satu roda, mulai dari start pukul 08.20 WIB hingga finish sekitar pukul 12.00 WIB.

Dengan mengelilingi tiga nagari dan tujuh kampung di Kecamatan Sutera berhasil dilalui dengan baik.

baca juga: Bawaslu Hentikan Laporan Terkait Netralitas Oknum Wali Nagari dan PNS di Pessel

Bahkan, keunikan bocah kelas 6 SDN 39 Pasar Gompong di Kacamatan Lengayang itu, tak jarang penonton dan warga yang melihat mengabadikannya melalui momen foto dan video, saat ia beraksi di jalanan.

"Dan acara kita ini, salah satunya untuk memeriahkan HUT RI ke 75. Selain Taufiq Maulana, tadi juga komunitas sepeda onthel. Tapi, cuma Taufiq yang cukup menarik simpati dan terunik," terangnya.

baca juga: Siapkan Lulusan Handal, SMKN 1 Sutera dan Bank Nagari Cabang Painan Jalin Kerja Sama

Terpisah, Kakak Kandung Taufiq Maulana, Mega (28) mengaku bangga dan takjub dengan hasil yang diraih Taufiq. Sebab, dari banyak peserta Taufiq berhasil menarik simpati panitia.

"Senang dan bahagia, karana selama ini tidak ada belajar secara khusus di rumah. Melainkan, sesekali melalui bimbingan ayah," ujarnya.

Menurut Mega, bakat Taufid terasa setelah sang ayah modifikasi khusus sepeda beroda satu itu buat dirinya, dan itu-pun tidak dengan berlatih lama.

"Sekitar 4 bulan inilah, benar ayah yang membuatkan. Karena, kebetulan ayah juga tukang bengkel sepeda," tutupnya.

Diketahui, sepeda santai di Kecamatan Sutera ini digelar atas inisiatif pengurus Persatuan Sepakbola Pasar Surantih (PSPS).

Memeriahkan perayaan HUT RI ke 75. Selain, dibuka Bupati Pessel , acara ini juga ditutup secara resmi oleh Dinas Periwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pessel .

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera