Kecelakaan Saat Menebang Pohon Kelapa, Guru Silat Pesinetron Ammar Zoni Meninggal

Alm Parudin (54) tengah diapit Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan dan putranya Arshaq (Muhammad Riski Ilahi)
Alm Parudin (54) tengah diapit Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan dan putranya Arshaq (Muhammad Riski Ilahi) (Muhammad Rizky Illahi)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Guru silat kenamaan di Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ), Parudin (54) dari Perguruan Silat Kucing Putih Sungai Abai Kecamatan Sungai Pagu meninggal dunia, Selasa 18 Agustus 2020 sekitar pukul 12.30 WIB.

Muhammad Rizky Illahi Salah seorang muridnya mengatakan almarhum Parudin adalah guru silat yang memiliki banyak murid bukan hanya di daerah itu tetapi juga banyak murid dari luar Provinsi Sumatera Barat yang berguru kepada gurunya tersebut.

baca juga: Menolak Gelar Datuknya Saat Masih Sekolah, Jasman Rizal Kini Resmi Sandang Gelar Adat Ketika Jabat PJS Bupati Solsel

"Murid beliau bukan hanya pemuda pemudi Solok Selatan tetapi juga dari luar Solok Selatan , bahkan luar provinsi seperti Jambi, Medan, Pekanbaru, dan beberapa daerah lain," kata Rizki.

Dia menambahkan salah seorang murid dari almarhum Parudin yang cukup ternama adalah pesinetron Ammar Zoni , Itu makanya setiap Ammar pulang ke Solok Selatan tidak pernah lupa bersilaturahmi dengan almarhum.

baca juga: Jasman Rizal Terima Gelar Adat "Datuak Bandaro Bendang"

" Ammar Zoni ini, memang dititipkan betul oleh orang tuanya kepada guru, untuk belajar silat sewaktu masih sekolah di SMP 1 Solok Selatan ," kata Rizki.

Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan mengatakan almarhum Parudin adalah sosok sedarhana yang bersahaja.

baca juga: Bawaslu Solsel Harapkan Pengawasan Partisipatif Meningkat Menjelang Hari Pemungutan Suara

"Saya cukup dekat dengan beliau. Beliau orangnya sangat bersahaja, tidak neko-neko serta dihormati," kata Armen

Kapolsek Sungai Pagu AKP Elfi Indra mengatakan peristiwa naas yang menimpa guru silat tersebut bermula saat dikontrak seorang warga untuk menebang pohon kelapa milik warga tersebut dengan cara dipanjat.

baca juga: Gubernur Sumbar: Nagari Tageh Pauah Duo Percontohan Aman Covid- 19 di Indonesia

"Beliau mengalami kecelakaan kerja, saat dipekerjakan seorang warga menebang pohon kelapa, saat kami ke TKP Posisi beliau sudah tergantung, kemungkinan ada tali pengaman yang terlepas," kata Kapolsek Sungai Pagu AKP Elfi Indra.

Penulis: Kamisrial | Editor: Rezka Delpiera