BPBD Sumbar Gelar Simulasi Gempa dan Tsunami di Daerah Pandemi COVID-19

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman
Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Walaupun ditengah pandemi COVID -19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat (BPBD Sumbar) tetap mewaspadai bencana lainnya seperti gempa dan tsunami.

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menjelaskan, untuk selalu awas dan waspada terhadap bencana diluar pandemi COVID -19, pihaknya terus melakukan simulasi.

baca juga: Jumlah Kasus Positif Terus Melandai, PPKM Luar Jawa-Bali Tetap Dilanjutkan Selama Tiga Minggu

"Hari ini kami lakukan simulasi gempa tsunami di daerah pendami. Simulasi ini tujuannya agar jangan sampai kita lupa dangan potensi lain ditengah pandemi," jelasnya, Selasa, 25 Agustus 2020.

Erman Rahman menyampaikan, kegiatan yang akan dimulai pukul 09.30 tersebut akan dipusatkan di Hotel Pengeran Beach dan dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

baca juga: BNPB Prioritaskan Evakuasi Korban Gempa Karangasem dan Bangli

Sementara dari pusat akan dihadiri oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi, Kepala Pusat Data, Informasi Raditya Jati dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dan Tenaga ahli BNPB

"Peserta mulai dari kabupaten dan kota hingga penggiat kebencanaan," terangnya.

baca juga: Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Solok Rendah

Menurut Erman Rahman, Sumbar merupakan supermarket bencana, untuk itu perlu sosialisasi, edukasi serta dibarengi dengan simulasi agar masyarakat selalu waspada akan bencana dalam kondisi apapun.

"Ketakutan berlebihan jangan, akan tetapi kita harus selalu waspada dalam artian jika terjadi bencana apa yang harus dilakukan kita sudah tahu. Ini kerja kita bersama untuk mengingatkan masyarakat," tukasnya. (*)

baca juga: Tim BPBD Sumbar Tinjau Posko Bencana Pulau Pagang

Editor: Joni Abdul Kasir