Ninik Mamak Suku Tigo Nini: Ini yang Kami Mau, Pemerintah Hadir di Tengah Masyarakat

Foto bersama Ketua DPRD Pariyanto bersama Ninik Mamak
Foto bersama Ketua DPRD Pariyanto bersama Ninik Mamak (Ist)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF - Peranan DPRD Dharmasraya mendukung program revitalisasi rumah gadang yang digagas Pemkab Dharmasraya mendapat apresiasi masyarakat.

Hal tersebut terlihat saat Ketua DPRD Dharmasraya Paryanto melakukan kunjungan ke Jorong Sungai Bai, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung pada Minggu 23 Agustus 2020. Kunjungan itu dilakukan sekaligus menyampaikan tentang program revitalisasi rumah gadang pada tahun 2020 ini sebanyak 40 unit.

baca juga: Peduli Pendidikan, Calon Bupati Sutan Riska Bakal Berikan Pakaian Sekolah Gratis dan Beasiswa

"Pada tahun ini, kita menyetujui Pemkab Dharmasraya mengalokasikan APBD sebesar Rp 2 Miliar. Dimana masing-masing rumah gadang mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta," kata Ketua DPRD Dharmasraya Paryanto.

Sebelumnya, di tahun 2019 DPRD Dharmasraya juga menyetujui APBD Dharmasraya dialokasikan untuk merevitalisasi sebanyak 80 unit rumah gadang dengan anggaran sebesar Rp 40 miliar.

baca juga: Keliling Dharmasraya, Andre Rosiade Tebar Bantuan Rp400 Juta

Kabupaten Dharmasraya merupakan pilot project revitalisasi rumah gadang di Sumatera Barat, namun tentu saja revitalisasi tersebut harus dilakukan secara bertahap.

"Sebagai sama-sama kader PDIP, saya dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska dibina oleh Ketua DPD PDIP Provinsi Sumbar, Alex Indra Lukman. Kami akan selalu bekerja secara sinkron dalam memajukan Kabupaten Dharmasraya , sehingga masyarakat makin sejahtera. Apalagi sebagai partai wong cilik, aspirasi dan kebijakan tentu akan lebih di prioritaskan kepada kepentingan masyarakat menengah ke bawah," tegas Pariyanto.

baca juga: Sutan Riska Upayakan Dharmasraya Sebagai Daerah Maju

Sementara itu, Ninik Mamak Suku Tigo Nini, Syaiful Dt Sangguno menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Dharmasraya dan ketua DPRD Pariyanto atas perhatian terhadap kondisi rumah gadang di Sungai Bai.

"Alhamdulillan, setelah puluhan tahun, akhirnya rumah gadang kami dibantu Pemerintah. Dengan demikian, kami bisa melakukan rehabilitasi atau revitalisasi rumah gadang kami. Ini pertama kalinya rumah gadang kami dibantu oleh Pemerintah di era kepemimpinan Sutan Riska. Begitupun dengan perhatian DPRD, dimana Ketua DPRD-nya Pariyanto langsung menemui kami, selain bersilaturahmi sekaligus menanyakan apa yang kami butuhkan. Sungguh kami merasa sangat dihargai. Ini yang kami mau, pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat," tegas Syaiful.

baca juga: Ribuan Pelaku UMKM di Dharmasraya Terima Bantuan Program Banpres Produktif Usaha Mikro

Selain itu, dirinya juga berharap agar rumah gadang lainnya juga dibantu untuk revitalisasi.

"Tadi kami sudah menyampaikan aspirasi kami kepada Ketua DPRD tentang nasib rumah gadang yang lainnya dan ketua DPRD Pariyanto berjanji akan menindaklanjuti usulan kami tersebut , namun tentu dilakukan secara bertahap." ucap Syaiful.

Hal senada diungkapkan Kepala Jorong Rusdi Jumra bahwa revitalisasi terhadap rumah gadang suku tigo Nini, merupakan hal yang sudah lama dinanti-nantikan.

"Alhamdulillah penantian panjang kami akhirnya terkabul. Terima kasih kepada Bapak Bupati Sutan Riska dan Ketua DPRD Pariyanto yang sudah mendengarkan dan merealisasikan harapan kami." tuturnya.

Penulis: Ivan Rionaldo Lutfie | Editor: Khadijah