Kampung Sarugo Peringati Milad Pertama dengan Berbagai Kegiatan

Peringatan Milad Pertama Sarugo
Peringatan Milad Pertama Sarugo (Yursil Masri)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -Kampung Wisata Sarugo (Saribu Gonjong) di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, menggelar serangkaian kegiatan dalam memperingati Milad pertamanya.

Lewat kegiatan ini, Kampung Sarugo tak hanya bersama UMSB dan Pemkab Lima Puluh Kota , namun juga menggandeng PT Petrokimia Grub.

baca juga: Tangkap 2 Pelaku, Polres Lima Puluh Kota Amankan 135 Kilogram Ganja

Milad pertama kawasan yang identik dengan deretan rumah bagonjongnya ini, jatuh pada 31 Agustus mendatang. Sementara rangkaian acaranya dimulai hari ini dengan pembukaan yang juga dihadiri Perwakilan dari Kemenparekraf Desty Murniati.

"Gambaran acara dilaksanakan 5 hari, pada pembukaan ada pelatihan untuk petani jeruk kita dari PT Petrokimia, maupun sejumlah acara bertajuk seni budaya, festival kuliner dan award," sebut Ketua Pelaksana Ronald Hermit, Rabu 26 Agustus 2020.

baca juga: Bawaslu Lima Puluh Kota Telah Keluarkan 6 Peringatan Tertulis untuk Calon yang Melanggar Aturan Kampanye

Peserta acara, kata Ronald, tak hanya berasal dari penduduk Sarugo saja, namun meluas hingga ke kampung-kampung sebelah sehingga acara akan lebih meriah.

Sementara, Wali Jorong Sungai Dadok Handrisman mengatakan, lewat Milad ini diharap kampung sarugo tetap menjadi pilihan wisata bagi pengunjung.

baca juga: Sempat Kabur Dalam Hutan, Pelaku Curanmor di Jalur Lintas Sumbar Riau Akhirnya Ditangkap

"Kami berharap, dengan satu tahun kampung kita jadi daerah wisata bisa membuat persatuan dan kesatuan warga menjadi kokoh karena sukses ini karena kebersamaan,"ungkapnya.

Pantauan KLIKPOSITIF , warga tampak bersuka cita mengingat kampung mereka sudah 1 tahun menjadi daerah wisata yang akhir-akhir ini mendadak viral setelah masuk nominasi API 2020 kategori kampung adat populer.

baca juga: Masyarakat Peduli Petani Indonesia Salurkan Bantuan Buku Bacaan ke Perpustakaan LPKA Tanjung Pati

Kampung Wisata Sarugo menjadi desa wisata binaan dari Fakultas Pariwisata UMSB sejak setahun silam. Baru-baru ini desa terpencil tersebut berhasil masuk nominasi API 2020 sehingga menarik banyak kunjungan wisatawan.

Selain potensi puluhan rumah gonjong, daerah ini merupakan sentra pertanian di bidang jeruk siam, sehingga memantik minat PT Petrokimia untuk melakukan pembinaan sekaligus promosi produknya.

Turut hadir dalam pembukaan Milad Sarugo yakni Rektor UMSB Riki Saputra, Kadisparpora Limapuluh Kota Nengsih, Dekan Fakultas Pariwisata Moch Abdi, Perwakilan PT Petrokimia Grup Eko Suryanto, civitas akademi UMSB, maupun unsur pemerintahan setempat.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera