Ini Syarat Utama Pekerja dapat Subsidi Rp600 Ribu dari Pemerintah

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini resmi meluncurkan bantuan Pemerintah untuk subsidi gaji atau upah Rp 600 ribu untuk pekerja atau buruh yang bergaji di bawah Rp 5 juta di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

"Hari ini, dilengkapi lagi yang namanya subsidi gaji. Totalnya yang nanti akan diberikan adalah (untuk) 15,7 juta pekerja (masing-masing) Rp 2,4 juta. Diberikan kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan yang perusahaannya rajin membayar iuran Jamsosteknya. Artinya ini kita berikan sebagai sebuah penghargaan / reward para pekerja yang perusahaannya patuh membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan," kata Jokowi.

baca juga: Identik dengan Busana Branded, Gamis Nagita Slavina Bibanderol dengan Harga Terjangkau Cocok Untuk Lebaran

Ia melanjutkan, hari ini bantuan diluncurkan untuk 2,5 juta pekerja . Ia berharap di bulan September 2020 akan tersalur untuk keseluruhan target 15,7 juta pekerja .

Presiden menyebut beberapa profesi yang akan mendapatkan bantuan ini seperti pekerja honorer termasuk guru honorer, petugas pemadam kebakaran, karyawan hotel, tenaga medis perawat, dan petugas kebersihan selama perusahaan mereka aktif membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2020.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

"Komplit. Siapapun yang membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan aktif sampai bulan Juni," tambahnya.

Presiden berharap, bantuan subsidi gaji ini akan meningkatkan konsumsi rumah tangga mereka.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

"Kita harapkan setelah ini diberikan kepada Bapak-Ibu sekalian, komsumsi rumah tangganya naik," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden menyatakan bahwa pemerintah telah memberi stimulus ekonomi untuk bertahan dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti bantuan sosial (bansos) tunai Rp 600 ribu/bulan, BLT Desa, subsidi listrik gratis untuk 450 VA, bantuan sembako, Kartu Prakerja untuk yang terkena PHK, Banpres Produktif untuk usaha mikro Rp 2,4 juta yang baru saja diluncurkan 2 hari yang lalu.

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Editor: Eko Fajri