Setelah Lihat Lokasi, UMSB Segera Bangun Replika Markas Syafruddin Prawiranegara di Koto Tinggi

Rektor UMSB Dr.Riki Saputra, MA
Rektor UMSB Dr.Riki Saputra, MA (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF --Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Riki Saputra menyebut, pihaknya segera akan membangun replika markas Syafruddin Prawiranegara di Mudiak Dodok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Riki mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan pereplikaan di bekas lokasi yang pernah ditempati Ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia ( PDRI ) itu.

baca juga: Pemerintah Tarik Anggaran Dekonsentrasi Tagana di Seluruh Daerah, Karena Hal Ini

"Beberapa bulan yang lalu kita melihat ke lokasi, ada rumah beserta ajudannya yang berjumlah 7 unit dalam kondisi terbengkalai. Kita sepakat bersama warga lokal membuat replikanya,"ucap Riki baru-baru ini.

31 Agustus ini, kata Rektor Riki, akan diletakkan replika di rumah bekas yang ditempati Syafruddin Prawiranegara.

baca juga: Libur Panjang, Polres Payakumbuh Tingkatkan Pengawasan di Objek Wisata

"Kita awali peletakan replika pertama di rumah Syafruddin dahulu, selanjutnya di rumah bekas ajudannya akan kita libatkan stakeholder lain untuk bersama-sama,"ucapnya.

Ia menyebut, pereplikaan ini bertujuan untuk membangkitkan nilai historis dan promosi wisata bagi daerah setempat.

baca juga: Bawa 6 Jerigen Tuak, Pengendara Ini Ditangkap Saat Razia Masker di Payakumbuh

Mudiak Dodok merupakan salah satu wilayah terpencil di utara Kabupaten Limapuluh Kota yang menjadi basis penting PDRI periode 1948-1949.

Topografi wilayahnya yang cukup terisolir karena dikelilingi bebukitan, membuat Syafruddin mendirikan semacam basis militer di sini. Beberapa bangunan atau rumah yang sempat ia tinggali, masih menyisakan bekas kendati tak terawat dan membuat UMSB terpanggil untuk merehabilitasinya.

baca juga: Inovasi Pelayanan Kesehatan RSUD Painan Saat Pandemi

Kebetulannya, tak jauh dari lokasi, yakni Kampung Sarugo, merupakan desa binaan Fakultas Pariwisata UMSB yang melejit akibat masuk nominator Anugerah Pesona Indonesia (2020).

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri