Soal Pemutusan Jaringan Internet di Sumbar, Kadiskominfo Jelaskan Hal Ini

Kadiskominfo Sumbar, Jasman Rizal
Kadiskominfo Sumbar, Jasman Rizal (Akun facebook Jasman Rizal)

KLIKPOSITIF - Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar ) meluruskan terkait informasi pemutusan jaringan internet akibat pemeliharaan dan server oleh pihaknya, mulai Jumat 28 dan hingga Minggu 29 Agustus 2020 lusa.

Kepala Diskominfo Sumbar , Jasman Rizal membantah kabar yang menyebutkan akan ada pemutusan jaringan internet se- Sumbar tersebut. Pihaknya, menegasakan itu murni kesalahpahaman.

baca juga: Hotel di Batusangkar ini Sediakan Paket Sumbarancak Bagi Warga Sumbar

"Benar ada pemeliharaan jaringan internet , namun hanya untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumbar ," ujarnya mengutip pernyataan saar membalas informasi tersebut di media facebook, Kamis 27 Agustus 2020.

Menurut Jasman, dalam surat Diskominfo tertanggal 27 Agustus 2020 itu merupakan surat dinas biasa yang ditujukan untuk kalangan internal Pemprov Sumbar . Namun beredar luas di media sosial dengan berbagai penafsiran.

baca juga: DKK Gencarkan Sosialisasi dan Edukasi Vaksinasi Corona

"Pemeliharaan ini rutin kita lakukan, tidak ada hubungannya dengan masyarakat. Apalagi dengan jaringan internet operator seluler," tegas pria yang juga Jubir Penanganan COVID-19 Sumbar ini.

Lanjutnya, pemutusan sementara yang dimaksud adalah jaringan internet dari Diskominfo Sumbar yang digunakan OPD Pemprov Sumbar . Artinya aplikasi-aplikasi yg disimpan di server Diskominfo untuk sementara tidak bisa diakses.

baca juga: Ini Ikon Wisata Baru di Padang Panjang,

"Pemeliharaan dari Jumat sore besok hingga Minggu. lnsyaAllah Senin pagi normal kembali. Sekali Iagi bukan jaringan umum atau milik provider," tutupya.

Sebelumnya, Kamis 26 Agustus 2020 banyak beredar surat yang dikeluarkan Diskominfo Sumbar terkait pemeliharaan jaringan dan server di lingkungan Pemprov Sumbar . Namun, setelah beredar di media sosial tetjadi berbagai penafsiran dan menganggap hal itu berlalu untuk umum.

baca juga: Ratusan Nakes RSUD Padang Panjang Siap Divaksin, 10 Dokter Disiapkan untuk Menyuntik

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri