11 Orang Warga Pasbar Positif Corona, 10 Orang Diantaranya Tenaga Kesehatan

Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat jumpa pers di Kantor Bupati setempat
Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat jumpa pers di Kantor Bupati setempat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 11 orang warga Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19). Dari jumlah tersebut merupakan dokter magang.

"Berdasarkan hasil Laboratorium Unand Padang ada sebanyak 11 orang warga kita hasil swab mereka terkonfirmasi positif Corona ," sebut Bupati Pasaman Barat, Yulianto, Sabtu (29/8/2020).

baca juga: Inggris Uji Coba Tes Air Liur Untuk Deteksi Virus COVID-19

Ia mengatakan, saat ini 10 warga yang terpapar di isolasi di RSUD Pasaman Barat dan 1 orang lagi RS BMC Padang. Sedangkan petugas telah melakukan upaya tracking.

"Tim Dinas Kesehatan Pasaman Barat sedang melakukan proses tracking terhadap siapapun yang pernah kontak dengan 11 pasien ini," katanya.

baca juga: Rencana Vaksinasi COVID-19 pada Minggu kedua November Terancam Molor

Ia menjelaskan 10 pasien ini adalah 8 dokter magang RSUD Pasaman Barat dan 2 Petugas Medis Puskesmas Sukamenanti serta 1 orang merupakan warga Aek Nabirong yang di rawat di RS BMC Padang.

Pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk tetap tenang dan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan air yang mengalir.

baca juga: Kadis Kesehatan Pemko Pariaman Positif COVID-19

Berita sebelumnya, satu orang warga Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) MA (38) positif Corona Virus Disease (COVID-19).

Warga itu diketahui positif dari hasil tes usap atau swab test mandiri di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang setelah pasien pulang dari Pulau Jawa.

baca juga: FDA Setujui Obat yang Digunakan Trump Menjadi Obat Covid-19

Kemudian terhadap empat pasien yang positif sebelumnya positif, selain AM (23) tiga orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh yakni SP (30), CB (25) dan AR (63).

Keempat pasien ini merupakan satu keluarga yang terpapar. Setelah dua diantaranya melakukan perjalanan darat dari Propinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Dengan demikian saat ini ada 13 orang warga Pasaman Barat yang positif COVID-19. 11 orang hari ini dinyatakan positif isolasi di RSUD Pasaman Barat dan MA Isolasi mandiri dirumahnya serta 1 orang lagi warga Aek Nabirong diisolasi di RS BMC Padang.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri