Sudah 100 Dokter Gugur Akibat COVID-19 di Indonesia, IDI Sumbar Lakukan Mengheningkan Cipta

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) Sumatera Barat (Sumbar) Pom Harry Satrya mengatakan, pihaknya telah melakukan Indonesia Mengheningkan Cipta terkait sudah gugurnya 100 orang dokter di Indonesia yang menangani COVID-19.

"Kita sudah lakukan, kita melakukan di Sumbar ini untuk semua, bukan hanya untuk dokter juga untuk tenaga kesehatan lain, perawat dan bidan juga. Ini suatu bentuk kebersamaan kita," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Senin (31/8/2020).

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

Tujuannya, meningkatkan kepedulian bersama, khususnya kepedulian masyarakat untuk melaksanakan perilaku protokol kesehatan.

DI Sumbar melakukan mengheningkan cipta ditempat masing-masing dikarenakan kondisi saat ini. "Kondisi sekarang kita tidak bisa berkumpul, kita lakukan ditempat masing-masing," ujarnya.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

Dalam unggahan foto akun resmi Twitter @PBIDI, Ketua Umum PB IDI Daeng M. Faqih menyampaikan, sejawat sekalian, sejawat dokter yang gugur dalam penanganan COVID-19 sudah mencapai 100 orang. Demikian juga petugas kesehatan lainnya yang gugur juga bertambah.

"Mari kita doakan agar kawan-kawan kita yang gugur mendapat tempat yang mulia di sisi Tuhan yang Maha Esa, keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran serta perjuangannya mengilhami dan menjadi tauladan bagi kita semua agar komitmen menjalankan pengabdian kepada kemanusiaan," tulisnya.

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSUD Batusangkar, 8 Pasien Lainnya Masih Dirawat

Daeng menambahkan, dan kita juga agar tidak putus-putusnya berdoa bagi kawan-kawan sejawat kita sebagai garda terdepan yang sedang berjuang membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan dalam perawatan COVID-19.

"Semoga diberikan kesehatan, keselamatan, mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, serta dimudahkan segala urusannya," ujar Daeng.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Rp88,4 Miliar untuk Penanganan Covid-19, Ini Rincian Kegunaannya

Editor: Muhammad Haikal