Desa ini Fasilitasi Warga dengan Wi-Fi Gratis

Desa Padang Biriak-Biriak
Desa Padang Biriak-Biriak (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Pemerintahan Desa Padang Biriak-Biriak, Kota Pariaman , Sumbar sediakan Wi-Fi gratis untuk warga sekitar, khususnya pelajar dan mahasiswa yang belajar secara daring (dalam jaringan).

Perihal tersebut dijelaskan oleh Kepala Desa Padang Biriak-Biriak Devi Delwandri. Dikatakannya Wi-Fi tersebut khusus untuk pelajar dan mahasiswa, untuk proses belajar daring.

baca juga: Ini Imbauan Satlantas Pariaman Terkait Pawai Takbiran di Pariaman

"Kita tahu, karena pandemi proses belajar mengajar secara daring. Untuk itu kami fasilatasi warga dengan Wi-Fi gratis. Hal ini untuk meringankan beban paket internet yang harus dibeli dalam belajar," ungkap Devi, Senin 31 Agustus 2020.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya Wi-Fi gratis tersebut dapat menghemat pengeluaran warga sekitar.

baca juga: Genius Rangkul Tokoh Adat untuk Sosialisasikan Bahaya Covid-19

"Nah untuk hal ini, kami juga siapkan operator di desa, yang bertugas memandu dan mengawasi penggunaan internet tersebut agar digunakan tepat sesuai tujuan untuk belajar," sebutnya.

Dikatakannya juga, Wi-Fi tersebut dapat diakses semenjak pukul delapan pagi hingga pukul empat sore. "Hanya untuk belajar tidak untuk game atau membuka situs lainnya. Jika kedapatan tidak menggunakan sesuai arahan maka akan diblok," sebutnya.

baca juga: Kota Pariaman Terbaik Pertama Penanganan Covid-19 di Sumbar

Yang paling penting, kata Devi lagi, saat menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis tersebut, pengunjung tidak diperbolehkan berkerumun. "Pengunjung wajib mematuhi protokol keselamatan dan wajib memakai masker," ulasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pariaman , Mardison Mahyuddin mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kepala Desa itu.

baca juga: Bank Nagari Berikan Ratusan Paket Sembako untuk Pelaku Usaha Mikro di Pariaman

"Kita sangat apresiasi langkah serupa ini, jelas dapat meringankan beban warga. Jadi setiap pelajar dan mahasiswa yang ingin membuat tugas dapat melakukan di sana. Kami juga mengimbau kepada desa lainnya agar dapat menerapkan hal yang sama. Dengan begitu kehadiran pemerintah bisa dirasakan betul," ungkap Mardison.

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi