Masa Pandemi Corona, Layanan Mobile Banking Meningkat Tajam di Pasbar

Satpam Bank Nagari Simpang Empat sedang melakukan cek suhu salah seorang nasabah
Satpam Bank Nagari Simpang Empat sedang melakukan cek suhu salah seorang nasabah (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pengunaan layanan mobile banking meningkat tajam hingga 40 persen pada Bank Nagari Simpang Empat, Pasaman Barat ( Pasbar ). Peningkatan itu terjadi sejak pandemi corona berlangsung.

"Sejak kasus Corona masuk ke Sumatera Barat pada awal tahun 2020, banyak aktivitas yang dialihkan ke teknologi, salah satunya layanan mobile banking," sebut Kepala Kantor Cabang Bank Nagari Simpang Empat, Irsyan Pasya, Minggu (30/8/2020).

baca juga: Polisi Tangkap Tangan Pelaku Togel Online di Pasaman Barat

Ia mengatakan penggunaan layanan mobile banking meningkat tajam yang mencapai 40 persen dari sebelumnya. Menurutnya hal itu terjadi karena kesadaran masyarakat untuk tidak bertemu langsung dengan pihak bank di masa pandemi corona.

"Kepedulian masyarakat untuk melakukan transaksi digital juga meningkat termasuk di Pasaman Barat yang berkisar di angka 35 persen sampai 40 persen dari tahun sebelumnya," katanya.

baca juga: Mahasiswa Segel Kantor DPRD Pasaman Barat

Menurutnya sejauh ini pihaknya terus mendorong para nasabah untuk bertransaksi secara non tunai. Disamping lebih nyaman, bisa menjadi membudaya untuk hemat waktu dan biaya.

"Di masa pandemi corona ini layanan ini sangat bermanfaat sekali, selain bisa terhindar dan menimalisir penyebaran Virus Corona bisa lebih menghemat waktu dan biaya," terangnya.

baca juga: Hingga Malam Para Pendemo Masih Bertahan di Gerbang Kantor DPRD Pasbar

Ia menjelaskan Nagari Mobile Banking adalah salah satu layanan digital yang sudah disediakan oleh Bank Nagari. Nasabah dapat memanfaatkannya untuk memonitoring rekening.

Sedangkan untuk memanfaatkan layanan aplikasi Nagari Mobile Banking ini, nasabah bisa menggunakan telepon pintar berbasis Android yang dapat di unduh di Playstore kemudian diaktifkan melalui kantor cabang terdekat.

baca juga: Ratusan Mahasiswa Desak Masuk ke Gedung DPRD Pasaman Barat

Lebih jauh dirincikan oleh Irsyan Pasya, salah satu contoh pemanfaatan aplikasi tersebut dalam memonitor uang yang ada pada rekening, seperti bila mana kartu ATM milik nasabah digunakan oleh anak yang sedang merantau untuk urusan pendidikan.

"Layanan yang tersedia di aplikasi sama dengan yang tersedia di mesin ATM kecuali setor tunai tetap melalui teller. Saat ini transaksi sudah dalam genggaman," ungkapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi