Pelajar Asal Pasbar Positif Terinfeksi Corona di Kota Padang

Ilustrasi
Ilustrasi (Klikpositif)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Seorang pelajar asal Pasaman Barat ( Pasbar ) di salah satu pesantren di Kota Padang terinfeksi positif Corona Virus Disease (COVID-19). Pasien tersebut kini diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang.

"Ada penambahan satu orang warga Pasaman Barat positif terinfeksi corona. Pasien ini berinisial GAF (13)," sebut Jubir Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasbar , dr Gina Alecia, Senin (31/8/2020).

baca juga: Inggris Uji Coba Tes Air Liur Untuk Deteksi Virus COVID-19

Dengan demikian kata dr Gina, saat ini ada sebanyak 14 orang warga Pasaman Barat yang positif terinfeksi Virus Corona dan telah menjalani isolasi.

"Pasien merupakan seorang pelajar salah satu pesantren di Kota Padang. Ia masuk pesantren pada 21 Agustus 2020 lalu dan menjalani test swab pada 28 Agustus 2020," kata dia.

baca juga: Rencana Vaksinasi COVID-19 pada Minggu kedua November Terancam Molor

Ia menjelaskan pelajar tersebut merupakan warga Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman. Sedangkan terhadap keluarga pasien telah melakukan test swab.

"Saat ini kita terus melakukan pelacakan atau tracking terhadap warga yang kontak dengan seluruh pasien positif COVID-19," jelasnya.

baca juga: Kadis Kesehatan Pemko Pariaman Positif COVID-19

Ia merinci sejak Sabtu 29 Agustus sampai Senin 31 Agustus 2020 telah melakukan test swab terhadap sebanyak 438 orang di dua tempat berbeda.

Pada Sabtu (29/8) pihaknya melakukan tes usap sebanyak 164 orang di Puskesmas Sukamenanti Padang Tujuh. Sedangkan pada Senin (31/8) juga dilakukan tes usap sebanyak 274 orang di RSUD Pasaman Barat .

baca juga: Di Rumah Aja Bikin Anak Rawan Obesitas, Ini Cara Mencegahnya

"Jadi sejak Sabtu kemaren hingga kini, kita telah melakukan test swab total sebanyak 438 orang. Pada umumnya yang dites itu adalah warga yang kontak erat dengan pasien dan ada juga petugas kesehatan," paparnya.

Ia juga mengungkapkan pihak nya pada Selasa (1/9) akan kembali melakukan tes swab 185 orang di Dinas Lingkungan Hidup Pasbar dan 153 di Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

"Kita ingin segera memutus mata rantai penyebaran virus ini, semoga dengan test swab yang dilakukan ini bisa menimalisir dan mengantisipasi penyebarannya," tuturnya.

Untuk itu ia meminta kepada masyarakat untuk tenang dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 serta tetap menjaga jarak dan selalu gunakan masker ketika hendak berpergian.

Saat ini 14 pasien positif corona telah menjalani isolasi. 11 orang diisolasi di RSUD Pasaman Barat , 1 orang di Rumah Sakit BMC Padang, 1 orang isolasi mandiri di rumah dan 1 orang pasien diisolasi di RSUD Kota Padang.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi