Wagub Sumbar: Ayo Kita Dukung dan Menangkan Kampung Sarugo

Wagub Nasrul Abit Saat Berkunjung ke Sarugo
Wagub Nasrul Abit Saat Berkunjung ke Sarugo (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

LIMAPULUHKOTA, KLIKPOSITIF --Wakil Gubernur Nasrul Abit meminta warga Sumatera Barat mendukung Kampung Sarugo (Saribu Gonjong) dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Nasrul Abit mengatakan, dukungan sangat dibutuhkan demi memenangkan Kampung Sarugo yang masuk kategori Kampung Adat Populer di ajang tahunan itu.

baca juga: Libur Panjang, Polres Payakumbuh Tingkatkan Pengawasan di Objek Wisata

"Saya ucapkan selamat ulang tahun pertama bagi Sarugo, dan selamat telah mewakili Sumbar dalam API 2020, terutama kepada UMSB yang telah mengembangkan kawasan ini,"ucap Nasrul Abit saat meninjau Sarugo bersama Rektor UMSB Riki Saputra, Selasa 1 September 2020.

Dalam waktu 1 tahun, kata Abit, berhasil dikembangkan UMSB sehingga Sarugo dikenal luas oleh publik dan diharap Sarugo bisa mendunia.

baca juga: Tinjau Food Estate di Sumut, Jokowi: Hasilnya Terlihat 2,5 Bulan Lagi

"Kita akan bantu sarana prasarana terutama jalan agar lebih gampang diakses wisatawan. Semoga Sarugo dapat yang terbaik di API,"ucap Wagub.

Untuk mendukung Sarugo dalam ajang API bisa dilakukan dengan cara vote lewat SMS dengan ketik API (spasi) 13 D kirim ke 99386, kemudian dengan instagram dengan follow @APIaward dan like gambar Kampung Sarugo dalam nominasi.

baca juga: Per November, Garuda Berhentikan 700 Karyawan Kontrak

Selanjutnya, vote juga bisa dilakukan dengan cara subscribe channel youtube @APIaward dan cari video Kampung Sarugo. Vote dimulai sejak 1 Agustus hingga 31 Desember

Kampung Sarugo merupakan desa binaan Fakultas Pariwisata UMSB sejak setahun silam dan merupakan satu-satunya wakil Sumatera Barat dalam API 2020 kategori Kampung Adat. Lokasinya terletak di Jorong Sungai Dodok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota.

baca juga: Kemenperin Dorong IKM Manfaatkan Teknologi Digital

Sarugo punya pesona lewat puluhan rumah adat berusia lanjut dan adat istiadat Minangkabau yang kental.

Dalam ajang API, Kampung Sarugo akan bersaing dengan sejumlah nominasi lain seperti Desa Adat Gumantar Lombok Utara, Desa Pampang Samarinda, Kampung Adat Namata Kabupaten Sabu.

Selanjutnya, Kasepuhan Cipta Gelar Sukabumi, Pelang Kanidai Pagar Alam, Rumah Betang Saham Kabupaten Landak, Rumah Tuo Rantau Panjang, Setulang Malinau dan Tongkonan Toraja.

[Hms-Sumbar]

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri