Bengkel Literasi Rakyat Sumbar Terima Anggota Baru

PADANG, KLIKPOSITIF - Harian Umum Rakyat Sumbar membuka kesempatan kepada pelajar dan mahasiswa yang menyukai dunia tulis menulis untuk bergabung di Bengkel Literasi Rakyat Sumbar .

Kehadiran rekrutan baru, Angkatan VII/2020, akan mengisi tempat yang ditinggalkan angkatan sebelumnya, lantaran angkatan tersebut "Naik Kelas" ke tahapan Jurnalis Pelajar Rakyat Sumbar .

baca juga: Berkaca dari Kejadian Sebelumnya, Polda Metro Siapkan 1.000 Rompi Khusus Jurnalis Peliput Demo

"Pendidikan dan Pelatihan di Bengkel Literasi akan dilakukan secara kontinyu dalam rentang waktu panjang," kata Redaktur Pelaksana Harian Umum Rakyat Sumbar Jon Kenedy, di Padang, Kamis (3/9/2020).

Pelatihan, lanjut Jon Kenedy, dilakukan secara Daring setiap Sabtu. Sekali pertemuan dua jam. "Di luar jadwal tersebut, peserta masih diberi kesempatan bertanya dan berdiskusi dengan instruktur," ujarnya.

baca juga: Gratis, Kemenag Buka Kelas Online Literasi Zakat-Wakaf bagi Nazhir dan PPAIW

Metoda pendidikan dan pelatihan kali ini, dikemas berbeda dibandingkan dengan pelatihan yang pernah ada sebelumnya. Ada dua kelas yang dibuka dan ada dua tingkatan untuk peserta pelatihan dan pendidikan tersebut.

Pertama, Kelas Gabungan. Semua peserta akan digabungkan dalam satu kelas yang sama, sehingga sejumlah sekolah bergabung dalam satu kelas yang sama. Kedua, Kelas Khusus. Di sini, peserta berasal dari satu sekolah yang sama. Tidak dicampur dengan siswa sekolah lain.

baca juga: Wartawan Senior dan Pendiri Kompas Jakob Oetama Meninggal Dunia

Tingkatannya, pertama, Bengkel Literasi Rakyat Sumbar . Tingkatan ini merupakan wadah berhimpunnya penulis pemula, tempat awal mereka latihan. "Kalau pun ada yang sudah menulis, namun masih terbatas pada tulisan untuk diri sendiri," beber Jon Kenedy.

Kedua, Jurnalis Pelajar Rakyat Sumbar . Tingkatan ini merupakan lanjutan dari sebelumnya. Peserta sudah memiliki bekal dan kemampuan menulis Sastra dan Jurnalistik.

baca juga: Kabar Baik, Hasil Tes Swab Jurnalis di Padang Negatif

Di dua kelas dan kedua tingkatan, kata Jon Kenedy, peserta akan memperoleh bekal dari narasumber yang sudah terpercaya. Tak hanya dari internal tim redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar , tetapi juga menghadirkan tokoh-tokoh dan pegiat literasi yang mumpuni di bidangnya.

Selain itu, untuk angkatan baru ini, mereka juga akan diperkenalkan pada "instruktur tamu" yang berasal dari produk Bengkel Literasi Rakyat Sumbar , khususnya siswa binaan Bengkel Literasi Rakyat Sumbar , Angkatan I, II dan III (ketika itu masih bernama Koran Sekolah).

Di antaranya sudah ada yang jadi jurnalis , penulis buku, Cerpenis, Novelis, dosen dan pegiat literasi . Para "instruktur tamu" tersebut akan berbagi dengan peserta.

Dijadwalkan, kelas baru ini akan memulai pembelajaran pada Sabtu, (5/9/2020) depan. Bagi yang berminat, masih terbuka kesempatan mendaftar hingga Jumat (4/9). Pendaftaran bisa menghubungi Sukma Murdani HP: 085263909598.(rel/*)

Editor: Riki