Cegah Penyebaran Corona, 29 Pegawai BNNK Pasbar Menjalani Test Swab

Situasi saat Pegawai BNN Kabupaten Pasaman Barat menjalani test swab di Dinas Kesehatan setempat
Situasi saat Pegawai BNN Kabupaten Pasaman Barat menjalani test swab di Dinas Kesehatan setempat (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Kasus Coroma Virus Disease (COVID-19) terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan di Pasaman Barat ( Pasbar ). Saat ini ada 20 orang warga didaerah itu positif COVID-19.

Untuk itu Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat ikut andil dalam mengantisipasi penyebaran virus tersebut dengan mengikuti test swab tanpa pengecualian terhadap seluruh pegawai.

baca juga: Kadis Kesehatan Pemko Pariaman Positif COVID-19

"Hari ini kita melakukan test swab yang dilaksanakan di area perkantoran Dinas Kesehatan Pasaman Barat . Ada sebanyak 29 orang pegawai BNNK menjalani test swab ini," sebut Kepala BNNK Pasaman Barat , Irwan Effenry kepada KLIKPOSITIF , Kamis (3/9/2020).

Ia mengatakan, melakukan test swab merupakan sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran COVID-19 dan membantu pemerintah dalam rangka menekan jumlah kasus positif di masyarakat.

baca juga: Di Rumah Aja Bikin Anak Rawan Obesitas, Ini Cara Mencegahnya

"Kita melakukan pengawasan melekat terhadap pegawai, agar tidak melakukan pelanggaran terhadap imbauan pemerintah untuk tidak keluar wilayah dan tidak melakukan perjalanan dinas luar selain sifatnya urgent," katanya.

Disamping itu Irwan juga menerangkan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah untuk mengurangi resiko terinfeksi atau penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja perkantoran BNNK Pasaman Barat .

baca juga: JK: Penemu Obat Corona Berjasa dalam Kemanusiaan

Seperti, selalu memakai masker, pengecekan suhu tubuh saat memasuki kantor, cuci tangan dengan air bersih yang mengalir, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak minimal 1 meter.

Selain itu mengurangi kegiatan tatap muka, menutup mulut dan hidung jika batuk atau bersin. Kemudian melakukan karantina mandiri di rumah jika ada pegawai BNN yang merasa kurang sehat dan aktif berolahraga.

baca juga: Fadli Zon: Vaksin Merah Putih, Kok Jadi Vaksin Palu Arit? Jangan Mau Cuma Jadi Pasar Vaksin

Sedangkan untuk kegiatan sosialisasi dalam rangka menekan angka pengguna narkotika di daerah itu, Irwan mengaku sangat kesulitan dan sangat berdampak terhadap kinerja mereka.

"Tentu tidak bisa dilaksanakan, sebab dalam sosialisasi tentu mengumpulkan orang banyak, sementara di masa pandemi Virus Corona ini tentu kita tidak bisa melakukan itu," kata Irwan.

"Namun untuk kegiatan lainnya tidak berpengaruh terhadap kerja kita, seperti dalam mengungkap dan menangkap pengedar nerkotika di tengah masyarakat," sambungnya.

Ia berharap agar masa pandemi ini cepat berakhir dan mengajak semua masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan COVID-19 serta terus berdoa memohon kepada Allah Subhanahu Wa Taala, agar wabah ini dapat segera berakhir.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi