Hari Pertama Pendaftaran, Bawaslu Lima Puluh Kota Ingatkan KPU dan Bapaslon Terkait Hal Ini

Ketua Bawaslu Lima Puluh Kota, Yoriza Asra.
Ketua Bawaslu Lima Puluh Kota, Yoriza Asra. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lima Puluh Kota , Yoriza Asra mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah tersebut untuk benar-benar memperhatikan kelengkapan dan keabsahan syarat pencalonan yang diserahkan oleh bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati saat mendaftar.

"Kami dari Bawaslu mengingatkan bahwa KPU harus hati-hati dalam menerima pendaftaran. Baik itu kelengkapan dan keabsahan syarat pencalonan ataupun kelengkapan dari calon itu sendiri," kata Yori saat melakukan pengawasan langsung di kantor KPU Lima Puluh Kota , Jumat (4/9).

baca juga: Satu-Satunya Kepala Daerah, Irfendi Arbi Jadi Tokoh Inspiratif Keterbukaan Informasi Publik

Tidak hanya KPU, Yori juga mengingatkan Bapaslon untuk tepat dalam waktu dan jadwal pendftaran karena apabila dilakukan pada masa-masa akhir maka berpotensi merugikan Bapaslon tersebut.

"Kita tidak ingin ada yang dirugikan karena tidak melaksanakannya di waktu yang tepat," lanjutnya.

baca juga: Bawaslu Lima Puluh Kota Sebut Paslon Punya Kecenderungan Melibatkan ASN dan Wali Nagari

Pada hari pertama pendaftaran Bapaslon bupati dan wakil bupati di KPU Kabupaten Lima Puluh Kota , Jumat (4/9) Bapaslon perseorangan Ferizal Ridwan -Nurkhalis menyerahkan berkas.

"Untuk pendaftaran hari ini, KPU baru melihat kelengkapan dan keabsahan syarat pencalonan dan syarat calon itu sendiri," terangnya.

baca juga: Pertashop Kini Hadir di Nagari Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota

Ketua KPU Kabupaten Lima Puluh Kota , Masnijon mengakui bahwa pihaknya telah menerima berkas pencalonan Ferizal-Nurkhalis.

"Hari ini hanya satu Bapaslon yang mendaftar. Untuk calon lain kemungkinan besok (Sabtu, 5/9) atau di hari terakhir," terangnya.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Lareh Sago Halaban

Untuk pendaftaran sendiri, pada hari pertama dan kedua, KPU menerima berkas dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sedangkan untuk hari terakhir, Minggu (6/9) KPU menerima berkas sampai dengan 23.59 WIB. (*)

Editor: Taufik Hidayat