Sungai Batang Bayang Meluap, Ratusan Rumah di Pasbar Sempat Terendam

Luapan sungai batang bayang di Nagari Ujung Gading yang merendam rumah warga
Luapan sungai batang bayang di Nagari Ujung Gading yang merendam rumah warga (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Ratusan rumah di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat terendam akibat luapan Sungai Batang Bayang.

"Ada ratusan rumah terendam akibat luapan sungai batang bayang ini. Rumah-rumah yang terendam ini tersebar di tiga kejorongan di Nagari Ujung Gading yang terjadi kemarin (Jumat, 4/8), dan saat ini tinggal sebagian rumah yang terendam, karena hujan masih turun, dan sebagiannya lagi masih menyisakan lumpur," sebut Kepala Pos SAR Pasaman, Zulfahmi kepada KLIKPOSITIF , Sabtu (5/9/2020).

baca juga: Enam Laskar FPI yang Meninggal Saat Bentrok dengan Polisi Ditetapkan Jadi Tersangka

Ia mengatakan, peristiwa ini sudah sering menerpa daerah tersebut. Bahkan, terang dia, jika telah memasuki musim hujan sungai tersebut akan meluap hingga merendam pemukiman warga.

Lanjutnya, selain merendam rumah warga, air sungai batang bayang ini juga menghanyut satu unit jembatan gantung yang berada di Jorong Lombok di Nagari Ujung Gading. Sungai ini meluap pada Jumat (4/9) sore setelah hujan deras terjadi.

baca juga: Dapat Rekomendasi Satgas Covid-19, Kemenag Siap Gelar MHQH ke-13

"Ada tiga jorong yang terdampak parah, Jorong Irian, Jorong Taluak Ambun dan Jorong Lombok. Namun ketinggian air tidak sama," paparnya.

Rumah yang terendam hingga leher orang dewasa itu berada didataran rendah dan korban jiwa tidak ada," sambung Zulfahmi.

baca juga: Wamenkeu: Vaksinasi dan Insentif Perpajakan Jumpstart Ekonomi 2021

Sementara Denika Saputra salah seorang warga Nagari Ujung Gading mengatakan bahwa peristiwa ini sudah tidak heran lagi bagi mereka yang tinggal di Kecamatan Lembah Melintang.

"Seharusnya pemerintah bukan mengatasi masalah yang dihadapi warga ketika sungai meluap saja. Sebab ini sudah masalah menahun. Pemerintah harus melihat ke hulu sungai ini, jangan bantuan ini itu, itu bukan solusi," katanya.

baca juga: Ini 3 Jenis Bansos yang Akan Cair Bulan Ini

"Di hulu sungai sudah habis dijadikan perkebunan. Hutan lindung di Gunung Malintang itu sudah dibabat oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Jika ini dibiarkan banjir ini gak akan selesai-selesai sampai kapan pun," sambungnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri