Dapat Musibah, Nenek Berusia 80 Tahun Menangis Saat Didatangi Bupati dan Ketua DPRD Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD Dharmasraya Paryanto kunjungi salah seorang masyarakat yang mendapat musibah kebakaran rumah, sekaligus menyerahkan bantuan.
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD Dharmasraya Paryanto kunjungi salah seorang masyarakat yang mendapat musibah kebakaran rumah, sekaligus menyerahkan bantuan. (Ist)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF - Kepedulian duo kader PDIP masing-masing ketua DPRD Pariyanto dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan kepada nasib sesama pantas diacungi jempol.

Buktinya dua pemimpin tertinggi di Legislatif dan Eksekutif tersebut langsung terjun ke lapangan guna membantu Diyem (80 tahun), warga Jorong Lubuk Aur Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung yang rumahnya mengalami musibah kebakaran. Walau merupakan hari libur, namun tidak menyurutkan langkah duo pimpinan tersebut untuk membantu warga dan berkunjung pada Minggu (6/9).

baca juga: Ribuan Pelaku UMKM di Dharmasraya Terima Bantuan Program Banpres Produktif Usaha Mikro

Kedatangan duo pengambil kebijakan tersebut di samping melihat langsung kondisi Diyam yang selamat dari musibah kebakaran tersebut juga melihat kondisi rumah yang ludes terbakar. Tak urung kedatangan kader partai wong cilik itu membuat Diyem, tak kuasa menahan tangis keharuan kerena tidak menyangka di datangi oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Ketua DPRD Pariyanto.

Menurut Ketua DPRD Pariyanto, sebagai wakil rakyat adalah merupakan tanggungjawab moral kepada warga dalam membantu warga yang di timpa musibah. Apa lagi musibah tersebut menimpa seorang lansia yang sudah berumur 80 tahun.

baca juga: Kunker ke Dharmasraya, BKKBN Sumbar Dorong Pelaksanaan Program Bangga Kencana

"Ini kewajiban kita bersama alam mengurangi beban mbah Diyem, yang rumahnya terbakar. Kita wajib membantu meringankan beban mbah Diyem. Untuk itu kepada warga setempat, perangkat jorong, hingga nagari mulai hari ini untuk membantu mbah diyem. Salah satunya dengan cara bergotong royong membersihkan puing-puing kebakaran," tegas Pariyanto.

Di samping itu, ucapnya, juga di rencanakan untuk membangunkan kembali rumah yang layak huni untuk mbah diyem bersama anaknya untuk tempat tinggal mereka. Mudah-mudahan dengan semangat kebersamaan harapan Biyem untuk kembali memiliki rumah yang layak bisa terwujud.

baca juga: Penuhi Janji Kampanye, Pasangan SR-Labuan Mendapat Dukungan Warga Timpeh

Hal senada diungkapkan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga turut berempati atas musibah yang menimpa Diyem. Dalam kunjungan tersebut Bupati juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp3 juta ditambah dengan bantuan logistik lainnya seperti kasur, selimut, bahan sembako. Di samping itu, atas nama pribadi Sutan Riska juga menyerahkan sejumlah uang tunai untuk Diyem guna dapat dimanfaatkan untuk membeli keperluan.

Sementara itu, tangis Diyem pecah saat Sutan Riska mengucapkan salam, Diyem menceritakan kondisi yang sedang dialaminya. Dengan penuh kasih, Sutan Riska merangkul tangan serta bahu Diyem sambil berkata "ini musibah kita bersama mbah, yang tabah ya mbah, sabar..!", usapan tangan ke wajah oleh si mbah membuat Sutan Riska terenyuh, beliau bersama lalu berjalan ke arah bangunan semi permanen yang sudah rata dengan tanah.

baca juga: Didukung Kaum Perempuan, Istri Sutan Riska dan Istri Dasril Panin Hadiri 5 Pertemuan Hari Ini

"Terima kasih kepada Bapak Bupati Sutan Riskka dan Ketua DPRD Pariyanto yang sudah membantu mbah mengatasi musibah ini, mudah-mudahan seluruh kebaikan ananda berdua di balas oleh Allah, Aamiin," ucap Diyem sambil mengusap air matanya.

Penulis: Ivan Rionaldo Lutfie | Editor: Khadijah