KPU Resmi Tutup Pendaftaran Calon, Ini Tiga Paslon yang Bertarung di Pilkada Pessel

Proses pendaftaran di KPU Pessel
Proses pendaftaran di KPU Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat resmi menutup proses pendaftaran Pilkada 2020 di daerah itu dengan tiga bakal pasangan calon (bapaslon).

Ketua KPU Pessel , Epaldi Bahar mengatakan, seluruh proses pendaftaran dilaksanakan dengan aman dan berjalan lancar, lengkap dengan 45 kursi total dukungan partai politik, maka resmi pendaftaran ditutup.

baca juga: Pasien Sembuh Corona di Pessel Tambah 7 Orang, 213 Orang Masih Positif

"Karena dari total partai dan kursi dukungan dari tiga calon sudah lengkap 45 kursi. Dan tidak adanya calon perseorangan. Maka sore ini kami lanjutkan ke proses penelitian berkas syarat calon," ungkap Epaldi Bahar saat menerima pendaftaran paslon yang datang terakhir, Minggu 6 September 2020.

Diketahui, tiga Bapaslon yang mendaftar sebagai kandidat Pilkada Pessel , di antaranya Hendrajoni- Hamdanus. Pasangan ini mendaftar lebih awal Jumat 4 September diusung Nasdem 5 kursi, PKS 5 kursi dan Demokrat 5 kursi dengan total 15 kursi.

baca juga: Hari Terakhir Kampanye, Ribuan Massa Pendukung Rusma-Rudi Padati Pantai Muaro Bayang

Lalu, Rusma Yul Anwar- Rudi Hariyansyah. Pasangan ini mendaftar pada hari kedua Sabtu 5 September 2020 diusung Gerindra 5 kursi, PAN 5 kursi, PBB 2 kursi, Berkarya 1 kursi dan Perindo 1 kursi dengan total 14 kursi.

Dan calon yang mendaftar terakhir adalah pasangan Dedi Rahmanto Putra dan Afrianof Rajab. Pasangan ini mendaftar pada pukul 11.30 WIB Minggu 6 September 2020 hingga sore diusung 16 kursi, masing-masingnya Golkar 4 kursi, PDIP 4 kursi, PPP 3 kursi, PKB 3 kursi dan Hanura 2 kursi dengan total 16 kursi.

baca juga: Bawaslu Hentikan Laporan Terkait Netralitas Oknum Wali Nagari dan PNS di Pessel

Epaldi Bahar berharap dengan telah selesai proses pendaftaran, proses tahapan selanjut bisa tercipta dengan aman dan tertib, dan mengimbau seluruh pihak ikut menyukseskan Pilkada di Pessel dengan aman dan lancar.

"Terimakasih, kami ucapkan kepada Bawaslu, Polri, TNI, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Wartawan, Relawan Demokrasi dan masyarakat. Semoga Tahapan selanjutnya berjalan secara tertib, aman dan damai," tutupnya.

baca juga: Siapkan Lulusan Handal, SMKN 1 Sutera dan Bank Nagari Cabang Painan Jalin Kerja Sama

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi