DPRD Minta Pemko Padang Tegas bagi Warga yang Tak Pakai Masker

Warga pakai masker
Warga pakai masker (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta pemerintah kota untuk mulai mewajibkan warga menggunakan masker jika beraktivitas ke luar rumah. Hal ini mengingat semakin tingginya angka kasus positif di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang.

"Kita berharap pemko atau walikota mewajibkan warga memakai masker jika keluar rumah, sehingga bisa menerapkan denda kepada

baca juga: Masyarakat Sumbar akan Divaksin COVID-19? Gubernur Minta Disosialisasikan Dulu

yang tidak memakai masker," kata anggota DPRD Kota Padang, Budi Syahrial, saat dihubungi di Padang, Senin, 7 September 2020.

Ia mengatakan dengan semakin banyaknya kasus positif setiap hari, khususnya dengan kasus terbanyak di Kota Padang, maka sebaiknya dilakukan pencegahan dengan cepat.

baca juga: Terus Melonjak, Angka Positif Corona di Indonesia Sudah 385.980 Kasus

"Kasus ini meningkat dan

terbanyak tetap dari Padang, jadi jika tidak dilakukan pencegahan dengan cepat dan koordinasi dengan pihak terkait, dan tindakan keras dan tegas yang, ditakutkan kondisi rumah sakit yang menampung kasus positif tidak mampu," jelasnya.

baca juga: Inggris Uji Coba Tes Air Liur Untuk Deteksi Virus COVID-19

"Jangan sampai ketika vaksin mulai diedarkan, kota ini dalam kondisi terjangkit. Yang kita takutkan mereka yang memiliki penyakit bawaan yang mendapat efek tak baik," tuturnya.

Sedangkan terkait isu yang berkembang di masyarakat mengenai penyakit ini, yang menganggap ini penyakit biasa, maka DPRD meminta pemerintah tetap terus memberikan edukasi kepada

baca juga: Rencana Vaksinasi COVID-19 pada Minggu kedua November Terancam Molor

masyarakat.

"Pola pikir ini harus diubah juga oleh pemerintah dan harus ada edukasi lagi kepada masyatkat, sehingga tak menjadi persoalan di kemudian hari bagi masyarakat," paparnya.

Seperti diketahui, kasus positif COVID-19 di Sumbar terus

merangkak setiap harinya. Untuk kasus hari ini, ada 51 orang yang terkonfirmasi positif. Untuk Kota Padang, hari ini ada 15 kasus positif. (*)

Editor: Fitria Marlina