Divonis 3 Bulan Penjara, Majelis Hakim Minta Arrival Boy Ditahan

Sidang Vonis Arrival Boy di Pengadilan Negeri Kelas I A Padang
Sidang Vonis Arrival Boy di Pengadilan Negeri Kelas I A Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Bupati (Wabub) Sijunjung Arrival Boy divonis 3 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas I A Padang, Selasa (8/9/2020). Terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana dalam perkara perusakan Kantor DPD Golkar Sumbar pada tahun 2018 lalu.

"Menyatakan terdakwa Arrival Boy, terbukti bersalah melakukan tindak pidana. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama tiga bulan. Memerintahkan agar terdakwa segera ditahan," kata Ketua Majelis Hakim Ade Zulfina Sari dalam amar putusannya.

baca juga: Keliling Sijunjung, Andre Bawa Bantuan Ratusan Juta

Majelis Hakim menilai, hal-hal yang memberatkan perbuatan terdakwa yang juga selaku Ketua DPC Partai Golkar Sijunjung dan Bakal Calon Bupati Sijunjung itu, tidak memberikan suri tauladan yang baik kepada masyarakat.

"Hal-hal yang meringankan terdakwa telah mengganti biaya kerusakan inventaris milik Partai Golkar," ujarnya.

baca juga: Andre Rosiade Anggota DPR RI Pertama yang Kunjungi Sisawah Sijunjung Setelah 75 Tahun Indonesia Merdeka, Ini Permintaan Masyarakat pada Andre

Atas putusan Majelis Hakim tersebut, terdakwa Arrival Boy menyatakan pikir-pikir. Hal yang sama juga disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Padang, Pitria Erwina.

Vonis majelis hakim itu lebih ringan dibanding tuntutan JPU. Sebelumnya, Arrival Boy dituntut dengan tuntutan pidana penjara selama lima bulan penjara. Menurut JPU, terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perusakan secara bersama-sama, sesuai dakwaan kedua Pasal 406 Ayat (1) KUHP Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

baca juga: Kecelakaan Libatkan 3 Mobil di Jalinsum Sijunjung, Satu Pengemudi Luka Berat

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, Arrival Boy yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Sijunjung , ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus perusakan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar).

Status tersangka itu ditetapkan setelah Arrival Boy menjalani pemeriksaan sekitar empat jam di Mapolresta Padang, Kamis 25 Oktober 2018. "Dia kami tetapkan sebagai tersangka tadi," ujar Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna.

baca juga: PSK yang Digerebek Andre Rosiade Dituntut 5 Bulan Penjara

Kasus perusakan itu sendiri terjadi pada 12 April 2018 yang lalu. Arrival Boy diduga terlibat dalam memecahkan kaca, pot bunga dan beberapa peralatan di kantor Golkar Sumbar.

Editor: Muhammad Haikal