Irfendi Arbi Minta Warga Dukung Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang

Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi.
Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Irfendi Arbi meminta semua pihak mendukung pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang. Ia berharap, setiap persoalan yang ditemukan bisa dibicarakan secara musyawarah.

Hal itu ditekankan Irfendi dalam arahannya pada acara sosialisasi rencana pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang di Tifa Cafe Tanjung Pati, Selasa (8/9).

baca juga: Seminggu Pencarian Hasnadi, Tim SAR 50 Kota Hentikan Pencarian

Seperti diketahui, jalan tol Pekanbaru-Padang akan melintasi delapan nagari di Kecamatan Payakumbuh, Harau dan Pangkalan dengan panjang jalan sekitar 43 kilo meter dan terowongan sepanjang 14 kilo meter.

"Kita tidak ingin ada pihak yang menolak atau menghalangi pembangunan jalan tol yang akan melewati Kabupaten Lima Puluh Kota ini. Kalau nantinya ada yang kurang tepat, mari kita bicarakan dengan baik-baik," tutur Irfendi dihadapan para tokoh dan berbagai elemen masyarakat yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut.

baca juga: Hasnadi Belum Ditemukan, Basarnas 50 Kota Tetap Lakukan Pencarian di Hari Lebaran

Dikatakannya, infrastruktur yang dibangun pusat tersebut akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat dan daerah. Tak kalah pentingnya, akan mendorong pertumbuhan ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, dengan adanya jalan bebas hambatan, bisa dipastikan arus lalu lintas kendaraan termasuk yang bertonase besar akan menjadi lancar.

baca juga: Lapas Kelebihan Kapasitas, Wabup Lima Puluh Kota Tawarkan Lahan untuk Bangunan Baru

"Saya optimis jalan tol akan mendorong pertumbuhan ekonomi usaha kecil dan mikro, serta akan memunculkan kawasan industri. Disamping itu, Jalan tol juga akan memperlancar arus transportasi atau perpindahan orang, distribusi barang dan pertumbuhan jasa," papar Irfendi.

"Dengan berbagai dampak positif tersebut, saya mengajak segenap masyarakat mendukung pembangunan infrastruktur ini," tambah Irfendi yang dipastikan tidak ikut bertarung kembali pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lima Puluh Kota pada 2020 ini.

baca juga: Lima Puluh Kota Daftarkan Puluhan Desa Wisata di Ajang Nasional, Pemkab Gandeng ADKI

Kabid Penataan Ruang dan Pertanahan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lima Puluh Kota , Fatma Nofita menyebut, sebelum pelaksanaan fisik akan ada sejumlah tahapan sosialisasi ke tengah masyarakat. Berikutnya, akan ditindak lanjuti dengan pembebasan lokasi yang diharapkan bisa terealisasi pada awal tahun 2021.

"Setelah sosialisasi tahap awal ini, nantinya akan ada sosialisasi berikutnya, hingga masyarakat menerima rencana pembangunan jalan tol tersebut. Kita berharap tidak ada kendala, sehingga target fisik selesai tahun 2024," jelasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat