BPBD Sumbar Datangkan Helikopter Chinook untuk Mengantar Logistik Kebencanaan dan APD

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Kalaksa BPBD Sumbar menyambut kedatangan Helikopter bantuan dari BNPB di Bandara Internasional Minangkabau
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Kalaksa BPBD Sumbar menyambut kedatangan Helikopter bantuan dari BNPB di Bandara Internasional Minangkabau (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Nasional ( BNPB ) mendatangkan Helkopter Chinook N303AJ ke Sumatera Barat (Sumbar), Rabu, 8 September 2020.

Helikopter tersebut untuk pendistribusian logistik bencana dan APD tenaga medis ini berkat hubungan baik BPBD Sumbar dan BNPB .

baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Jauh Lebih Baik Dibandingkan Negara-negara Lain

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat melihat Helikopter dari Amerika itu menyambutkan, Helikopter ini akan membantu pengiriman logistik BPBD seperti APD untuk tenaga medis ke daerah - daerah.

"Heli ini akan terbang perdana di Sumbar selama empat hari. Besok (9/9) akan terbang membawa APD untuk tenaga medis ke Kabupaten Dharmasraya," ujarnya.

baca juga: Jumlah Kasus Positif Terus Melandai, PPKM Luar Jawa-Bali Tetap Dilanjutkan Selama Tiga Minggu

Kelaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, beberapa hari belakangan banyak terjadi bencana di Sumbar seperti di Limapuluh Kota, Agam dan Pasaman Barat. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan BNPB dan mendapatkan beberapa bantuan.

"Ada peralatan kebencanaan juga, dari Jakarta menuju Sumbar. Jika sudah sampai akan kita drop dengan heli ini ke daerah. Besok khusus APD saja dulu," terangnya.

baca juga: Presiden Minta Percepatan Program Vaksinasi, Ini 3 Daerah dengan Capaian Terendah

Erman Rahman mengatakan, heli tersebut bisa mengangkut barang dengan kapasitas 24 ton. "Tahap awal empat hari di Sumbar, nanti bisa diperpanjang jika dibutuhkan lagi," tukasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir