Utusan Paguyuban Nias Jadi Juara Lomba Lagu Kedaerahan di Payakumbuh

Kristin Valentina utusan Paguyuban Nias yang sukses meraih menjuarai lomba lagu kedaerahan di Kota Payakumbuh.
Kristin Valentina utusan Paguyuban Nias yang sukses meraih menjuarai lomba lagu kedaerahan di Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Utusan Paguyuban Nias atas atas nama Kristin Valentina menjadi yang terbaik pada lomba lagu kedaerahan yang digelar Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik ( Kesbangpol ).

Pengumuman pemenang lomba lagu yang digelar secara virtual dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-75 tersebut dilaksanakan, Rabu (9/9) kemarin.

baca juga: Datang ke Payakumbuh, Christine Hakim Latih 25 Pelaku UMKM

Selain juara pertama, pada kesempatan yang sama juga diumumkan pemenang kedua, yaitu Eka Noviana utusan Paguyuban Pakuwejo, peringkat ketiga diraih oleh utusan Paguyuban Aceh Sepakat atas nama Razak.

"Sebenarnya, lomba lagu kedaerahan ini ingin kita laksanakan secara langsung supaya kita bersama-sama bisa menikmati indahnya ragam kebudayaan kita. Namun karena kondisi COVID-19 maka diadakan secara virtual," kata Ketua Panitia, Sri Joko, Kamis (10/9).

baca juga: Rumah Rumah Panggung di Kelurahan Padang Tinggi Piliang Terbakar

Ketua FPK Kota Payakumbuh itu menerangkan, melalui lomba lagu kedaerahan yang digelar tersebut banyak potensi dari khazanah budaya di Payakumbuh yang dapat digali.

"Ke depan akan kita kemas lagi kegiatan kebudayaan untuk meningkatkan kekompakan dan persatuan antar suku di Kota Payakumbuh ," kata Sri Joko.

baca juga: Wali Kota Riza Falepi Buka Turnamen Skateboard di Skatepark Batang Agam

Pada lomba lagu kedaerahan itu, lima dewan juri adalah Hadiatul Rahmat, An Denitral, Mbak Henni, Jeki Antoni, dan Niken.

"Pemenang diberikan trofi, piagam, dan uang tunai. Kriteria penilaian kami selaku dewan juri salahsatunya tetap teknik vokal. Melihat antusias peserta dari paguyuban yang ikut, kita berharap kader-kader terbaik tiap paguyuban dapat memberikan yang lebih baik lagi kedepannya," kata Hadiatul.

baca juga: Belasan Warga di Payakumbuh Kembali Bebas Isolasi COVID-19

Kepala Kesbangpol Budhy D. Permana mengatakan, di Sumatera Barat belum semua daerah yang memiliki FKP, baru sekitar 3 atau 4 kabupaten kota yang sudah ada. Payakumbuh termasuk yang menyikapi dengan cepat pembentukan FPK.

"Kita harus menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita tetap menjadi bangsa yang kuat dengan warga negara yang cinta akan tanah airnya," terang Budhy. (*)

Editor: Taufik Hidayat