Tegas, Gubernur Sumbar: Semua Tahapan Pilkada 2020 Harus Sesuai Protokol Kesehatan

Gurbernur Sumbar Irwan Prayitno
Gurbernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta semua tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Polka) 2020 menerapkan protokol kesehatan . Mengingat Pilkada berlangganan ditengah pandemi COVID-19.

"Ini sesuai instruksi Menkopolhukam protokol kesehatan menjadi pijakan utama dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini," katanya, Kamis, 10 September 2020.

baca juga: COVID-19 Mengganas di Sumbar, Hotel Bintang II dan III Dijadikan Tempat Isolasi dan Karantina

Irwan Prayitno optimis Pilkada terlaksana 9 Desember 2020 berjalan dengan lancar karena segala persiapan dan program telah disiapkannya. Bahkan ia menegaskan sudah mempersiapkan berbagai skenario dan berbagai kemungkinan pelaksanaan Pilkada di masa pandemi COVID-19 mendatang.

"Sebelumnya kita sudah pernah membahas ini. Intinya Pemprov Sumbar sepakat sesuai arahan pemerintah pusat dari Menkopolhukam untuk menjalankan persiapan pelaksanaan Pilkada 9 Desember," ungkap Gubernur Irwan Prayitno .

baca juga: Audy Joinaldy Kunjungi Rumah Driver Online Banting Setir Jadi Petani

Irwan Prayitno menyebut, untuk warga yang menyalurkan hak pilih saat pencoblosan 9 Desember nanti harus dicek suhu tubuh, menggunakan masker, disiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, serta bilik suara diatur dengan baik.

"Kita berharap TNI, Polri dan Bawaslu dalam mensukseskan Pilkada bisa berjalan dengan baik dan aman dari Covid-19," ujarnya.

baca juga: Seluruh Pengelola dan Karyawan Kuliner di Padang Wajib Tes Swab: Sanksi Tempat Usaha Ditutup

Irwan mengimbau kepada masyarakat yang datang ke TPS untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, saat mengantre pada pencekan suhu tubuh, memberikan sarung tangan ketika melakukan pencoblosan.

Untuk diketahui, sebanyak 9 Provinsi dan 261 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera Barat akan melaksanakan perhelatan Pilkada Serentak 9 Desember 2020.(*)

baca juga: Usai Lakukan Pertimbangan, MUI Pessel Dukung Mulyadi-Ali Mukhni

Editor: Joni Abdul Kasir