Pegawai Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Terpapar Positif Corona

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Seorang pegawai Kejaksaan Negeri Pasaman Barat ( Pasbar ) SP (32) terkonfirmasi Positif Corona atau COVID-19. Selain SP, ada dua orang warga lainnya di daerah itu juga terinfeksi virus tersebut.

"Benar, pegawai kita yang sehari-hari bekerja di bagian tata usaha dinyatakan terpapar Virus Corona yang diduga pernah kontak dengan pasien positif," sebut Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pasbar , Elianto kepada KLIKPOSITIF , Kamis (10/9/2020).

baca juga: Polisi Tangkap Tangan Pelaku Togel Online di Pasaman Barat

Ia mengatakan saat ini pegawai tersebut sedang menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat , sebelum dilakukan isolasi dan penanganan selanjutnya.

"Baru saja tadi dijemput oleh tim satgas Covid Pasaman Barat menggunakan ambulance ke rumah dinasnya," katanya.

baca juga: Mahasiswa Segel Kantor DPRD Pasaman Barat

Menurutnya pegawai mereka itu terpapar Corona dari pasien yang sebelumnya dinyatakan positif di daerah itu. Ia meyakinkan pegawai mereka ini tidak ada melakukan perjalanan dinas luar.

"Kita pastikan yang bersangkutan tidak ada melakukan dinas luar sebelum dia dinyatakan positif. Pegawai kita ini salah satu hasil tracking dari pasien positif sebelumnya. Ia melakukan tes swab pada Rabu (9/9) kemaren," jelasnya.

baca juga: Hingga Malam Para Pendemo Masih Bertahan di Gerbang Kantor DPRD Pasbar

Ia juga menambahkan besok pada Jumat (11/9) seluruh jajaran pegawai Kejaksaan Negeri Pasaman Barat akan menjalani test swab. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

"Besok seluruh jajaran pegawai akan menjalani test swab, sedangkan bagi pegawai yang diduga pernah kontak erat dengan SP telah menjalani isolasi mandiri," ulasnya.

baca juga: Ratusan Mahasiswa Desak Masuk ke Gedung DPRD Pasaman Barat

Sementara Bupati Pasaman Barat , Yulianto dalam jumpa pers nya memaparkan ada tiga warga di Pasaman Barat dinyatakan terkonfirmasi positif Virus Corona.

Hal itu diketahui setelah Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat menerima hasil sampel swab, pada Senin (10/9/2020) dari Laboratorium Fakultas Unand Padang.

"Ada tiga orang hari ini dinyatakan warga di Pasaman Barat terkonfirmasi positif Corona berdasarkan hasil sampel swab yang kita terima," kata Yulianto.

Ketiga warga itu terdiri dari berinisial SP (32), DP (35) dan ZA (31). Ada pun pasien terkonfirmasi positif Virus Corona ini adalah orang yang kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya.

Menyikapi hal tersebut pemerintah setempat melakukan langkah cepat dengan melaksanakan proses tracking dan testing melalui dinas kesehatan.

"Ketiga pasien kasus positif Corona ini telah melakukan pemeriksaan tes kesehatan yang nantinya akan direncanakan proses isolasi pada Diklat BPKSDM Talu," jelas Yulianto.

Dengan adanya penambahan 3 pasien positif Corona saat ini lanjutnya, maka di Pasaman Barat tertotal sejak bulan April hingga saat ini menjadi sebanyak 36 orang.

Ia menambahkan hingga saat ini masih ada ratusan warga siap melakukan tes usap hasilnya belum keluar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang.

Untuk itu Yulianto mengajak masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak, serta diharapkan tidak melakukan perjalanan keluar daerah jika tidak terlalu penting.

"Jika memang terpaksa, maka saat pulang lakukanlah tes swab dan melakukan isolasi mandiri sebelum hasilnya keluar," imbaunya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi