Hujan dan Badai Melanda, BPBD Pessel Ingatkan Hal Ini

ilustrasi: badai
ilustrasi: badai (net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Becana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mengingatkan masyarakat dan terkhususnya nelayan untuk menyikapi kondisi cuaca yang terjadi belakangan ini.

Kepala BPBD Pessel , Herman Budiarto mengatakan, cuaca ekstrem seperti badai , hujan, gelombang tinggi memang sudah menjadi musimnya. Sehingga dengan itu, masyarakat perlu menyikapi.

baca juga: Tren Pelanggaran Perda AKB di Pariaman Meningkat

"Dari dulu memang seperti itu. Dan yang perlu disikapi, kalau perkiraan cuaca sudah tidak baik. Tidak usah melaut dan begitu juga dengan ancaman lainnya," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Jumat 11 September 2020.

Kondisi cuaca seperti badai dan hujan memang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan dalam beberapa hari belakangan ini. Di antara memicu banjir di beberapa titik, salah satu di SMKN 1 Sutera.

baca juga: Korban Kerusuhan Wamena Menangis di Hadapan Nasrul Abit

Sejauh ini, untuk kesiapsiagaan BPBD dalam menanggulangi bencana menyiagakan petugas untuk melakukan pemantauan jika terjadi bencana. Selain, BPBD juga dilakukan bersama dinas terkait.

"Dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) melalui petugasnya, juga siap pula dengan alat berat yang ditempatkan pada beberapa titik," ujarnya.

baca juga: Irwan Prayitno: Perlu Sinergsitas Anggaran Pusat dan Daerah untuk Infrastruktur Darat

Ia mengingat, masyarakat untuk selalu memperhatikan perubahan cuaca sangat beraktivitas. Jangan ketika perkiraan cuaca sudah terpantau buruk, namun tetap juga memaksakan untuk beraktivitas.

"Juga kepada pengendara perlu saya ingatkan agar meningkatkan kewaspadaan, terutama sekali ketika melintasi ruas jalan yang melintasi tebing bukit yang curam,"tutupnya.

baca juga: Program Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni: Bersihkan Sumbar dari LGBT

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani