Pilkada Pasbar, Koalisi Parpol Pengusung Erick - Syawal Rampungkan Struktur Tim Pemenangan

Suasana pertemuan perampungan struktur tim pemenangan pasangan Erick Hariyona - Syawal Suro
Suasana pertemuan perampungan struktur tim pemenangan pasangan Erick Hariyona - Syawal Suro (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Ketua DPD Partai Golkar Pasaman Barat Daliyus menyampaikan empat partai politik pengusung pasangan Erick Hariyona - Syawal Suro tengah merampungkan struktur tim pemenangan.

Pertemuan perampungan struktur tim pemenangan pasangan Erick Hariyona - Syawal Suro ini dilaksanakan di Posko Utama pemenangan yang sekaligus Kantor DPD Partai Golkar Pasaman Barat, Jumat (11/9/2020).

baca juga: Terkait Netralitas, 7 ASN Kabupaten Solok Dipanggil Bawaslu

"Struktur tim pemenangan ini akan kita satukan dengan relawan dan simpatisan serta para tokoh Pasaman Barat untuk bersama-sama dalam tim ini," sebut Daliyus.

Ia mengatakan pertemuan itu seluruh pimpinan Parpol koalisi akan segera merampungkan struktur tim pemenangan yang solid untuk pasangan Erick Hariyona - Syawal Suro.

baca juga: Gubernur Sumbar: Seleksi MTQ Nasional Sudah Sesuai Aturan

"Hari ini kita menghimpun nama-nama yang akan masuk dalam tim pemenangan, dengan empat formatur sesuai pembagian dapil yang ada di Pasaman Barat," katanya.

Menurutnya saat ini dalam struktur tim pemenangan telah diisi sebagian figur-figur yang diajukan oleh empat parpol koalisi, yakni Partai Golkar, PPP, PKB dan Partai Perindo.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Selain figur yang berasal dari partai politik ada pula figur yang mengajukan diri atas nama pribadi dan golongan lainnya. Namun Daliyus belum bisa menyebutkan nama-nama figur ini.

"Meski tim pemenangan ini tengah dirampungkan, kita juga tengah mempelajari teknis berkampanye di masa pandemi Virus Corona ini, agar semuanya berjalan lancar dan mulus," jelas dia.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

Daliyus juga menambahkan setelah ditetapkan struktur tim pemenangan ini, segera akan didaftarkan ke KPU Pasaman Barat sebelum batas waktu yang telah dijadwalkan.

"Kampanye sangat singkat, dalam waktu 40 hari setelah ditetapkan masa kampanye, kita harus ekstra, sebab waktu kita sangat terbatas," imbuhnya.

Sementara Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis memaparkan pihaknya tengah melakukan verifikasi syarat calon dari tanggal 6 sampai 12 September 2020. Kemudian pemberitahuan hasil verifikasi pada tanggal 13 sampai dengan 14 September 2020.

Selanjutnya penyerahan dokumen perbaikan syarat calon pada tanggal 14 sampai dengan 16 September 2020. Seterusnya pengumuman dokumen perbaikan syarat calon di laman KPU tanggal 14 sampai dengan 22 September 2020.

Sedangkan verifikasi dokumen perbaikan pada tanggal 16 sampai dengan 22 September 2020. Sementara Penetapan Pasangan Calon adalah tanggal 23 September 2020. "Untuk pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon telah ditetapkan pada tanggal 24 September 2020, dan masa kampanye 26 September sampai dengan 5 Desember 2020," terang Alharis.

Untuk diketahui ada sebanyak lima pasangan calon yang telah mendaftar sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum Pasaman Barat.

Diantaranya Yulianto - Syafrial yang didukung oleh Partai Demokrat (6 Kursi) dan Nasdem (3 Kursi). Hamsuardi - Risnawanto yang didukung oleh PAN (4 kursi), PKS (3 kursi), dan PDIP (4 kursi). Agus Susanto - Rommy Candra dari Calon Perseorangan.

Kemudian, Maryanto dan Yulisman, yang didukung oleh Partai Gerindra (7 kursi) dan Parati PBB (1 kursi). Terakhir Erick Hariyona - Syawal Suro yang didukung oleh Partai Golkar (5 kursi), PPP (2 kursi), Perindo (1 kursi) dan PKB (2 kursi).

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Ramadhani